Pangeran Brunei 'Abdul' Azim Meninggal di Usia 38 Tahun

Kompas.com - 25/10/2020, 15:57 WIB
Pangeran Azim dari Brunei menghadiri peluncuran Versus Versace yang dipandu oleh Donatella Versace di Lexington Avenue Armory pada 15 Mei 2013 di New York City. ASTRID STAWIARZ / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / GETTY IMAGES VIA AFPPangeran Azim dari Brunei menghadiri peluncuran Versus Versace yang dipandu oleh Donatella Versace di Lexington Avenue Armory pada 15 Mei 2013 di New York City.

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com - Putra Sultan Brunei, Pangeran 'Abdul' Azim pada Sabtu (24/10/2020) dikabarkan meninggal dunia di usia 38 tahun.

Berita kematiannya dilaporkan oleh penyiar radio negara Brunei, Radio Televisi Brunei, dalam pengumuman resmi dan juga oleh surat kabar Borneo Bulletin.

Putra Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Pangeran Haji 'Abdul' Azim meninggal dunia pada 7 Rabi-ul-awal pukul 10.08 waktu setempat, sebagaimana yang dilansir dari The Straits Times pada Minggu (225/10/2020).

"Pemakaman akan berlangsung saat sholat Ashar (tengah hari) malam ini," kata pengumuman itu.

Baca juga: Update Covid-19 di Asia: Wuhan Mulai Hidup Lagi | Brunei Umumkan Kematian Pertama

Sementara itu, penyebab dari kematiannya tidak disebutkan.

Trah keempat untuk pewaris tahta Brunei, Pangeran 'Abdul' Azim adalah pangeran kedua dari Sultan Hassanal.

Menurut laporan berita, seorang sumber dari Brunei mengatakan bahwa sang pangeran telah dirawat di rumah sakit beberapa lama.

Atas kematiannya, sumber itu mengatakan Brunei berada dalam masa berkabung selama 7 hari.

Baca juga: Dalam 4 Hari, Brunei Laporkan 25 Kasus Virus Corona

Instruksi yang dikirim kepada warga, menurut laporan lokal, berbunyi, "Wanita Muslim diharuskan memakai tudung putih atau kerudung, dan non-Muslim diharuskan memakai ban lengan putih dengan lebar 3 inci (7,6 cm)."

Di Twitter, beberapa orang mengirimkan ucapan belasungkawa atas kabar meninggalnya pangeran, seperti Anwar Ibrahim dari Malaysia.

Baca juga: Koma 15 Tahun, Pangeran Arab Saudi Ini Berhasil Gerakkan Jari Tangan

Belasungkawa juga datang dari akun resmi kantor pemerintahan Johor, Malaysia.

"Belasungkawa kami yang terdalam kepada Keluarga Kerajaan Brunei atas wafatnya Duli Yang Teramat Mulia, Paduka Seri Pengiran Muda Haji 'Abdul' Azim Ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah. Al-Fatihah."

Baca juga: Pangeran Arab Saudi, Nawaf bin Saad bin Saud bin Abdulaziz Al Saud, Wafat

Lahir di Bandar Seri Begawan pada 29 Juli 1982, Pangeran 'Abdul' Azim belajar di Sekolah Internasional Brunei, Lembaga Raffles Singapura dan Universitas Oxford Brookes.

Menurut surat kabar Borneo Bulletin, mendiang pangeran dimakamkan di Royal Mausoleum di ibu kota pada Sabtu (24/10/2020).

Baca juga: Hidup Mewah Pangeran Qatar Saat Kuliah di AS: Foya-foya di Las Vegas dan Koleksi Supercars


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X