Trump Dituding Tak Bayar Pajak Penghasilan Selama 10 Tahun

Kompas.com - 28/09/2020, 21:25 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. GETTY IMAGE via BBC INDONESIAPresiden Amerika Serikat Donald Trump.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - The New York Times mengatakan, Donald Trump hanya membayar 750 dollar AS (Rp 11,2 juta) pajak penghasilan federal pada tahun 2016, tahun ketika dia mencalonkan diri sebagai presiden AS, dan pada tahun pertamanya di Gedung Putih.

Surat kabar - yang mengaku memperoleh catatan pajak Trump dan perusahaannya selama dua dekade - juga menuduh Trump tidak membayar pajak penghasilan sama sekali dalam 10 dari 15 tahun terakhir.

Catatan tersebut mengungkapkan "kerugian kronis dan tahun-tahun penghindaran pajak", katanya.

Baca juga: Alasan Trump Masih Ngotot Minta Biden Tes Narkoba Jelang Debat Capres Pertama

Trump menyebut laporan itu "berita palsu".

"Sebenarnya saya membayar pajak. Dan Anda akan melihat laporan pajak saya- yang sedang diaudit, sudah lama diperiksa," katanya kepada wartawan setelah berita itu diterbitkan pada Minggu.

"Otoritas pajak Amerika Serikat (IRS) tidak memperlakukan saya dengan baik… mereka memperlakukan saya dengan sangat buruk. Ada orang-orang di IRS - mereka memperlakukan saya dengan sangat buruk," katanya.

Trump menghadapi urusan hukum karena menolak membuka dokumen tentang kekayaan dan bisnisnya.

Dia adalah presiden pertama sejak tahun 1970-an yang tidak mengumumkan pembayaran pajaknya kepada publik, meskipun hal ini tidak diwajibkan oleh undang-undang.

The Times mengatakan informasi dalam laporannya "diberikan oleh sumber yang memiliki akses hukum ke laporan pajak itu".

Laporan itu muncul hanya beberapa hari sebelum debat presiden pertama antara Trump dengan saingannya dari Demokrat Joe Biden dan beberapa minggu sebelum pemilihan presiden 3 November.

Baca juga: Trump Hanya Bayar Pajak Penghasilan Hampir Nol Dollar AS, Kok Bisa?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X