KJRI Hamburg Dorong Padang dan Bandung Perkuat Sister City dengan Jerman di Masa Pandemi

Kompas.com - 08/08/2020, 19:13 WIB
KJRI Hamburg, Jerman, telah memfasilitasi pertemuan secara virtual yang melibatkan Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Padang, dan Direktorat Eropa II Kementerian Luar Negeri untuk membahas perkembangan dan implementasi Sister City. KJRI Hamburg JermanKJRI Hamburg, Jerman, telah memfasilitasi pertemuan secara virtual yang melibatkan Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Padang, dan Direktorat Eropa II Kementerian Luar Negeri untuk membahas perkembangan dan implementasi Sister City.

HAMBURG, KOMPAS.com - Sebagai salah satu langkah pemulihan ekonomi dan peningkatan kerja sama luar negeri, pemerintah Indonesia melalui KJRI Hamburg mendorong implementasi Sister City (kota kembar) di berbagai sektor.

Sektor-sektor itu di antaranya, pariwisata, industri kreatif, pengelolaan limbah, pendidikan dan pemeliharaan bangunan bersejarah.

Kepada Kompas.com, Sabtu (8/8/2020) Konsulat Jenderal RI (KJRI) Hamburg mengabarkan bahwa mereka telah memfasilitasi pertemuan secara virtual yang melibatkan pemerintah kota Bandung, pemerintah kota Padang, dan Direktorat Eropa II Kementerian Luar Negeri.

Di wilayah kerja KJRI Hamburg, terdapat dua buah kerja sama Sister City antara kota di Indonesia dengan Jerman, yaitu antara kota Bandung dengan kota Braunschweig dan kota Padang dengan kota Hildesheim.

Baca juga: Jerman Yakin Pembangkit Listriknya Cukup untuk Topang Mobil Listrik

60 tahun Bandung-Braunschweig

Pada 29 Juli 2020 lalu, diadakan sebuah pertemuan virtual yang bertujuan membahas peringatan kerja sama kota kembar ke-60 tahun yang dijadwalkan ulang karena pandemi Covid-19.

Karena pemulihan ekonomi adalah prioritas, maka KJRI Hamburg, pemkot Bandung dan Direktorat Eropa II Kemenlu sepakat bahwa sektor pariwisata dan industri kreatif merupakan program prioritas yang harus dikedepankan.

Wakil Wali kota Bandung Bapak Yana Mulyana dan jajarannya hadir pada rapat virtual tersebut bersama Konsul Jenderal RI Hamburg Bapak Ardian Wicaksono dan staf KJRI.

Untuk mendorong promosi pariwisata dan diseminasi informasi mengenai penerapan protokol kesehatan di Kota Bandung di saat pandemi, akan dilakukan promosi virtual tempat-tempat wisata di kota Bandung.

Selain itu, akan dibuat sebuah kegiatan bertema Road to the 61st anniversary of Sister City between Bandung-Braunschweig, dengan melibatkan partisipasi pihak yang pernah menjadi bagian dari program Sister City kedua kota ini.

Baca juga: Kemhan Jerman Sesalkan Penarikan Pasukan AS dari Jerman

Kota kembar Padang-Hildesheim

Pertemuan virtual dengan Pemerintah Kota Padang berlangsung pada tanggal 4 Agustus 2020.KJRI Hamburg Jerman Pertemuan virtual dengan Pemerintah Kota Padang berlangsung pada tanggal 4 Agustus 2020.

Halaman:

Sumber Rilis
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X