Raja Salman Masuk Rumah Sakit, PM Irak Tunda Kunjungan ke Arab Saudi

Kompas.com - 20/07/2020, 15:34 WIB
Foto yang dirilis Kerajaan Arab Saudi pada 25 September 2019 memperlihatkan pengawal pribadi, Raja Salman, Jenderal Abdelaziz al-Fagham ketika mendampingi sang raja ketika menerima Perdana Menteri Irak di Jeddah. Fagham dilaporkan ditembak mati pada akhir pekan lalu oleh kenalannya karena pertengkaran pribadi. AFP/Saudi Royal Palace/BANDAR AL-JALOUDFoto yang dirilis Kerajaan Arab Saudi pada 25 September 2019 memperlihatkan pengawal pribadi, Raja Salman, Jenderal Abdelaziz al-Fagham ketika mendampingi sang raja ketika menerima Perdana Menteri Irak di Jeddah. Fagham dilaporkan ditembak mati pada akhir pekan lalu oleh kenalannya karena pertengkaran pribadi.

BAGHDAD, KOMPAS.com - Perdana Menteri Irak, Mustafa Al-Kadhimi, menunda kunjungan ke Arab Saudi setelah Raja Salman disebut masuk ke rumah sakit.

PM Al-Kadhimi dijadwalkan berkunjung ke negara kaya minyak itu pada Senin waktu setempat (20/7/2020), tapi diurungkan begitu mendengar sang raja tengah driawat.

Kepastian kabar itu tidak hanya disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan, tetapi juga dari Baghdad.

Baca juga: Raja Salman Dibawa ke Rumah Sakit, Ada Apa?

Dalam kicauannya di Twitter, Pangeran Faisal mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Irak mengingat pentingnya agenda itu.

"Para pemimpin yang bijak berkoordinasi dengan saudara di Irak, dan memutuskan menunda kunjungan sampai raja meninggalkan rumah sakit," jelasnya.

Beberapa jam sebelum melakukan kunjungan luar negeri pertama sebagai PM Irak, kantor Al-Kadhimi menyatakan mereka menerima kabar mengenai kondisi Raja Salman.

"Maka diputuskan untuk ditangguhkan sementara hingga tanggal lain disepakati oleh kedua belah pihak," jelas kantor PM dikutip AFP.

Adapun sebelum kunjungan Al-Kadhimi, menteri Irak yang terdiri dari sektor minyak, perencanaan, dan keuangan sudah sampai di Riyadh Minggu (19/7/2020).

Para delegasi itu berencana kembali ke Baghdad setelah mereka membereskan segala pertemuan yang diyakini rampung pada Senin siang waktu setempat.

Sebelumnya, pihak kerajaan menyatakan bahwa Raja Salman dilarikan ke rumah sakit karena mengalami peradangan pada kandung empedu.

Baca juga: Raja Salman Beri Pesan Idul Fitri di Tengah Virus Corona, Apa Isinya?

Halaman:

Sumber Reuters,AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X