AS Borong 500.000 Paket Remdesivir, Sepaket Harganya Rp 45 Juta

Kompas.com - 04/07/2020, 22:10 WIB
Obat Covid-19 Remdesivir. REUTERS via BBC INDONESIAObat Covid-19 Remdesivir.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat ( AS) telah memborong hampir semua pasokan obat remdesivir untuk khalayak dunia.

Oleh pihak berwenang di AS, obat produksi Gilead Sciences itu merupakan obat pertama yang diperbolehkan untuk dipakai merawat pasien Covid-19.

"Presiden Trump telah membuat kesepakatan menakjubkan guna memastikan warga Amerika punya akses pada obat pertama yang diotorisasi untuk Covid-19," kata Menteri Kesehatan AS Alex Azar dalam laman resmi Depkes AS.

Baca juga: AS Borong Hampir Semua Persediaan Obat Covid-19 Remdesivir

Disebutkan laman tersebut bahwa Depkes AS telah mengamankan 500.000 paket obat remdesivir untuk berbagai rumah sakit di AS sampai September mendatang.

Jumlah itu mencakup 100 persen produksi Gilead pada Juli, 90 persen produksi pada Agustus, dan 90 persen produksi pada September.

Sebagai gambaran, satu paket obat remdesivir rata-rata meliputi 6,25 ampul.

"Harganya keterlaluan"

Gilead Sciences mengumumkan harga remdesivir pada Senin (29/6/2020).

Untuk negara-negara kaya, satu paket obat tersebut dibanderol 2.340 dollar AS atau hampir Rp 39 juta.

Bagi pasien di AS yang menggunakan asuransi komersial, Gilead menghargai 3.120 dollar AS per paket atau sekitar Rp 45 juta. Itu artinya satu ampul dibanderol 520 dollar AS atau Rp 7,5 juta.

Baca juga: Jepang Setujui Remdesivir Dipakai sebagai Obat Virus Corona

Dalam surat terbukanya, Direktur Eksekutif Gilead, Daniel O'Day, mengatakan harga tersebut jauh di bawah manfaat yang diberikan remdesivir mengingat seorang pasien dapat memperpendek rawat inap di rumah sakit AS sehingga bisa menghemat 12.000 dollar AS atau Rp 173,6 juta.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X