Cegah Tentara Turki Masuk Lebih Jauh, Pasukan Irak Siaga di Perbatasan

Kompas.com - 04/07/2020, 20:50 WIB
Seorang anggota militer Amerika Serikat memberikan jempol ke arah pasukan Irak di Kompleks Pangkalan Taji, dekat ibu kota Baghdad. AFP via ArabnewsSeorang anggota militer Amerika Serikat memberikan jempol ke arah pasukan Irak di Kompleks Pangkalan Taji, dekat ibu kota Baghdad.

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Irak disiagakan di sepanjang perbatasan Irak- Turki untuk mencegah pasukan Turki semakin masuk ke wilayah Irak.

Hal tersebut dinyatakan oleh pejabat Irak pada Jumat (3/7/2020) setelah serangan udara Turki terhadap kelompok pemberontak di Iran Utara dua pekan lalu.

Dia menambahkan Ankara setidaknya telah mendirikan 12 pos di wilayah Irak untuk mengusir pemberontak dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Pihak Turki mengatakan anggota PKK memiliki tempat perlindungan yang aman di Irak Utara, sehingga Turki memberikan pengawasan ketat.

Akibat serangan udara tersebut, setidaknya enam warga sipil Irak tewas. Penduduk di beberapa wilayah Irak Utara juga dievakuasi.

Baca juga: Serangan Udara di Irak Tewaskan Tiga Anggota Koalisi Pimpinan AS

Pasukan Turki membuat pos di Distrik Zakho, sekitar 15 kilometer di dalam wilayah Irak, ujar pejabat yang enggan disebutkan identitasnya kepada Associated Press, Jumat (3/7/2020).

Di tempat lain Wali Kota Darkar Zerevan Mustofa mengatakan, ada lima pos Turki di dekat kotanya. Dia menambahkan, serangan udara Turki juga menyasar dua desa di wilayahnya, Sharanish dan Banka.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X