Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Umumkan Idul Fitri Dilaksanakan pada Hari Minggu

Kompas.com - 23/05/2020, 07:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Hari raya umat Islam sedunia, Idul Fitri, menandai akhir dari puasa pada bulan Ramadhan.

Dilansir media Perancis AFP, di Arab Saudi, hari raya itu akan dimulai pada Minggu (24/5/2020), berdasarkan laporan kerajaan Arab Saudi.

"Hari Sabtu merupakan hari terakhir dari bulan suci Ramadhan, Idul Fitri akan berlangsung pada Minggu," ungkap pengadilan kerajaan dan Mahkamah Agung, seperti dikutip kantor berita negara Arab Saudi.

Baca juga: Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Bakal Dibuka Lagi Setelah Idul Fitri

Otoritas agama di Yerusalem, Mesir, Yordania, Suriah, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Libya dan Libanon juga mengumumkan bahwa Idul Fitri akan berlangsung pada Minggu.

Penentuan waktu Idul Fitri ditentukan oleh posisi bulan, berdasarkan penanggalan kalender umat Islam, yaitu Hijriah.

Baca juga: Hyderabad Tiadakan Shalat Idul Fitri akibat Covid-19

Hari raya Idul Fitri biasanya dirayakan dengan berkumpulnya keluarga. Namun, mayoritas negara-negara Muslim di dunia telah meminta warga mereka untuk membatasi pergerakan dan pertemuan langsung selama perayaan Idul Fitri di tengah pandemi virus corona.

Arab Saudi, misalnya, pusat situs Islam telah memberlakukan perbatasan penuh kembali khusus selama Idul Fitri setelah sebelumnya mengangkat beberapa peraturan ketat atas wabah virus corona selama bulan Ramadhan.

Kerajaan Arab Saudi adalah yang paling terdampak di kawasan Teluk berdasarkan data yang diumumkan dengan kasus infeksi virus corona lebih dari 67.000 dan kematian sebanyak 364 orang.

Baca juga: Menjelang Idul Fitri, Malaysia Cabut Larangan Shalat Berjemaah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com