Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-755 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Evakuasi 9.000 Anak | Ukraina Terkejut oleh AS

KYIV, KOMPAS.com - Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-755 pada Selasa (19/3/2024).

Ini termasuk, Otoritas wilayah Belgorod Rusia yang berbatasan dengan Ukraina menyampaikan rencana untuk mengevakuasi 9.000 anak-anak menyusul peningkatan penembakan mematikan dari Ukraina.

Sementara itu, Ukraina mengaku terkejut Amerika Serikat belum juga menyetujui paket bantuan baru pada masa perang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-755 yang dapat Anda simak:

Rusia ganti panglima angkatan laut

Media Pemerintah Rusia, RIA Novosti, pada Selasa mengonfirmasi, Pemerintah telah mengganti panglima angkatan laut mereka.

Sebelumnya, muncul laporan bahwa panglima angkatan laut Rusia telah dipecat karena berulang kali kehilangan kapal perang Laut Hitam akibat serangan Ukraina.

RIA Novosti melaporkan, mantan komandan Armada Utara Rusia Alexander Moiseyev telah ditunjuk menjadi penjabat panglima tertinggi, menggantikan Laksamana Nikolai Yevmenov, yang menjabat sejak Mei 2019.

“Moiseyev diperkenalkan sebagai penjabat panglima Angkatan Laut Rusia pada sebuah upacara,” kata badan tersebut.

Kremlin pekan lalu menolak mengomentari penunjukan Moiseyev, yang menandai perombakan terbesar dalam jajaran petinggi militer Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

Menhan AS janji tak akan biarkan Ukraina gagal

Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada Selasa berjanji bahwa Amerika Serikat tidak akan membiarkan Ukraina gagal.

"Amerika Serikat tidak akan membiarkan Ukraina gagal," kata Austin pada pembukaan pertemuan para pendukung internasional Ukraina di Jerman.

“Kami tetap bertekad untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan Ukraina untuk melawan agresi Kremlin,” tambahnya, sebagaimana dikutip dari AFP.

Washington sebelumnya telah mengumumkan alokasi bantuan sebesar 300 juta dollar AS untuk Ukraina pekan lalu.

Austin mengatakan hal itu hanya mungkin terjadi karena penghematan pembelian Pentagon baru-baru ini.

Sementara, Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dipimpin Partai Republik telah memblokir bantuan senilai 60 miliar dollar untuk Ukraina.

Pemerintah Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa paket bantuan senilai 300 juta dollar hanya akan bertahan beberapa minggu.

Rusia evakuasi 9.000 anak di Belgorod

Otoritas wilayah Belgorod Rusia yang berbatasan dengan Ukraina berencana mengevakuasi 9.000 anak-anak menyusul peningkatan penembakan mematikan dari Ukraina.

Serangan Kyiv di wilayah tersebut telah menewaskan 16 orang sejak pekan lalu, dan penembakan meningkat menjelang Pilpres Rusia 2024 akhir pekan lalu.

“Kami sedang mengevakuasi sejumlah besar desa, dan sekarang kami berencana untuk mengevakuasi sekitar 9.000 anak-anak karena penembakan yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Ukraina,” kata Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov pada Selasa.

“Saya bangga bahwa warga di wilayah tersebut tidak menyerah pada situasi sulit dan lebih banyak orang yang datang ke TPS dibandingkan sebelumnya,” tambahnya ketika hadir dalam pertemuan anggota partai yang berkuasa.

Rusia klaim berhasil rebut Desa Orlivka di Ukraina timur

Rusia pada Selasa mengatakan pasukannya telah menguasai Orlivka, sebuah desa garis depan yang berjarak sekitar 4 kilometer di sebelah barat Avdiivka di Ukraina timur.

Moskwa telah memperoleh sejumlah kemajuan dalam beberapa bulan terakhir, menekankan keunggulannya di medan perang ketika Kiev berjuang mengatasi kekurangan amunisi dan pasukan.

“Di front Avdiivka, unit-unit kelompok pasukan 'Pusat' membebaskan desa Orlivka,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Putin perintahkan hukum pejuang Rusia pro-Ukraina

Presiden Vladimir Putin pada  Selasa meminta dinas keamanan FSB untuk mengidentifikasi dan menghukum pejuang Rusia pro-Ukraina  yang telah mengambil bagian dalam peningkatan jumlah serangan mematikan di wilayah perbatasan.

"Mengenai para pengkhianat ini... kita tidak boleh melupakan siapa mereka, kita harus mengidentifikasi mereka berdasarkan nama. Kami akan menghukum mereka tanpa batas waktu, di mana pun mereka berada," kata Putin.

Perancis menyatakan siap menghadapi pertempuran terberat

Pasukan darat Perancis siap menanggapi ancaman apa pun sembari bersiap menghadapi "pertempuran terberat sekalipun".

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat Perancis, Jenderal Pierre Schill, dalam sambutannya yang diterbitkan pada Selasa.

Pernyataannya muncul setelah Presiden Emmanuel Macron mengatakan dia tidak akan mengesampingkan pengiriman pasukan darat untuk membantu Ukraina melawan Rusia.

"Tentara Perancis siap," tulis Schill dalam artikel opini di harian Perancis Le Monde.

“Bagaimanapun situasi internasional berkembang, masyarakat Perancis dapat yakin bahwa tentara mereka siap untuk merespons,” katanya.

Schill mengatakan, penampilan kemampuan militer Perancis akan membantu "mencegah serangan apa pun terhadap Perancis".

“Untuk melindungi diri dari serangan apa pun dan untuk mempertahankan kepentingannya, tentara Perancis bersiap menghadapi pertempuran terberat sekalipun,” katanya.

Presiden Mesir beri selamat ke Putin

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada Selasa mengucapkan selamat kepada Presiden Vladimir Putin, atas terpilihnya kembali dirinya secara telak dalam Pilpres Rusia 2024.

"Presiden menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Putin," ungkap Presiden Sisi dalam pernyataan yang dikeluarkan Kantor Kepresidenan Mesir.

"Presiden Sisi mendoakan kesuksesannya dan rakyat Rusia semakin maju dan sejahtera," tambah mereka.

Estonia usir diplomat Rusia

Estonia pada Selasa mengatakan, telah mengusir seorang diplomat dari Kedutaan Rusia di Tallinn, dan menuduh misi diplomatik tersebut mencampuri urusan dalam negerinya.

Sebagai anggota NATO dan Uni Eropa, negara Baltik tersebut mengalami kemunduran dalam hubungannya dengan Rusia sejak Moskwa menginvasi Ukraina.

Pihak berwenang di Tallinn dengan gigih mendukung negara yang dilanda perang tersebut.

Pada Selasa, Kementerian Luar Negeri Estonia menyatakan seorang anggota staf kedutaan Rusia sebagai persona non grata, dan memerintahkan orang tersebut untuk meninggalkan negara tersebut.

Ukraina terkejut AS belum setujui paket bantuan

Ukraina pada Selasa mengaku terkejut Amerika Serikat belum menyetujui paket bantuan baru pada masa perang, ketika negara itu berjuang mengatasi kekurangan di medan perang dua tahun setelah invasi Rusia.

Paket bantuan senilai 60 miliar dollar AS telah tertahan di Dewan Perwakilan Rakyat AS selama berbulan-bulan.

Hal itu terjadi karena anggota parlemen dari Partai Republik bersikeras bahwa dana baru tersebut dikaitkan dengan tindakan lebih lanjut terhadap imigrasi ilegal. 

“Yang benar-benar penting dan mengejutkan kami adalah keputusan tersebut belum diambil,” kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba dalam briefing online untuk media asing. 

“Kita mendekati akhir Maret dan pembahasan terus berlanjut, pembahasan mengenai isu kepentingan vital, kepentingan strategis AS di Eropa,” kata Kuleba.

Komentarnya muncul sehari setelah Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan keputusan cepat dari Kongres “sangat penting” dalam pertemuan dengan Senator AS Lindsey Graham.

UE akan bahas rencana penggunaan aset Rusia untuk persenjatai Ukraina 

Brussels akan mengusulkan kepada negara-negara Uni Eropa untuk menggunakan pendapatan dari aset-aset Rusia yang dibekukan untuk membantu mempersenjatai Ukraina.

Hal itu diungkap oleh kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrel, pada Selasa.

Aset Rusia yang dibekukan tersebut diperkirakan bernilai 3 miliar euro per tahun.

Komisi Eropa akan menyampaikan rencananya kepada negara-negara anggota pada hari Rabu (20/3/2024) ini, menjelang KTT 27 pemimpin UE yang sebagian berfokus pada dukungan untuk Kyiv.  

Kepala kebijakan luar negeri Josep Borrell mengatakan proposal tersebut membayangkan bahwa 90 persen keuntungan yang diperoleh dari aset tersebut akan disalurkan ke dana yang digunakan untuk menutupi biaya senjata untuk Ukraina.

10 persen sisanya akan dimasukkan ke dalam anggaran UE untuk digunakan membantu meningkatkan kapasitas industri pertahanan Ukraina sendiri.

“Jika negara-negara anggota setuju, maka akan ada sekitar tiga miliar euro per tahun yang dapat kami peroleh dari pendapatan aset yang dibekukan,” kata Borrell. 

Atlet Rusia dan Belarus tak ambil bagian dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris

Ketua Olimpiade pada Selasa mengumumkan, atlet Rusia dan Belarus yang berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 ini di bawah bendera netral tidak akan dapat mengambil bagian dalam upacara pembukaan.

"Atlet Netral Perorangan (AIN) dari kedua negara tidak akan berpartisipasi dalam parade delegasi dan tim selama upacara pembukaan karena mereka adalah atlet individu", kata direktur IOC James Macleod setelah pertemuan dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional di Lausanne.

“Tetapi akan diberikan kesempatan kepada mereka untuk merasakan acara tersebut,” tambah Macleod.

https://www.kompas.com/global/read/2024/03/20/092600170/rangkuman-hari-ke-755-serangan-rusia-ke-ukraina--rusia-evakuasi-9.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke