Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] AS Kehabisan Uang Bantu Ukraina | YouTuber Sengaja Jatuhkan Pesawat

KOMPAS.com – Berita tentang AS kehabisan uang dan waktu untuk membantu Ukraina menangkis invasi Rusia memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita tentang seorang YouTuber AS sengaja menjatuhkan pesawat demi konten hingga akhirnya ditahan.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait rencana Papua Nugini merekrut polisi Australia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Selasa (5/12/2023) hingga Rabu (6/12/2023) pagi yang dapat Anda simak:

1. AS Kehabisan Uang untuk Danai Perang Ukraina Lawan Rusia

Amerika Serikat (AS) kehabisan uang dan waktu untuk membantu Ukraina berperang melawan Rusia.

Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur anggaran Gedung Putih Shalanda Young dalam suratnya kepada Mike Johnson, Ketua DPR AS dari Partai Republik, dan para pemimpin kongres AS lainnya.

Dalam suratnya, Young mengemukakan, bahwa pada akhir tahun ini, AS tidak lagi memiliki dana untuk mengirim senjata dan bantuan ke Ukraina.

Baca selengkapnya di sini

2. Sengaja Jatuhkan Pesawat demi Konten, YouTuber AS Akhirnya Ditahan

Seorang YouTuber pemberani yang dengan sengaja menjatuhkan pesawatnya untuk meningkatkan jumlah pemirsa di salurannya dan kemudian berbohong kepada penyelidik telah dipenjara selama enam bulan setelah mencapai kesepakatan pembelaan.

Pihak berwenang AS mengumumkan hal ini pada Senin (4/12/2023).

Dilansir dari CNA, dalam video peristiwa bertajuk "I crash my plane," Trevor Jacob tampak mengalami gangguan mesin saat terbang di atas California selatan pada November 2021.

Baca selengkapnya di sini

3. Papua Nugini Akan Rekrut Polisi Australia, Apa Alasannya?

Papua Nugini akan merekrut polisi Australia untuk posisi-posisi penting di kepolisian nasionalnya di bawah kesepakatan keamanan yang akan ditandatangani pekan ini.

Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape dilaporkan telah dijadwalkan akan berkunjung ke Canberra pada Kamis (6/12/2023) untuk menandatangani perjanjian keamanan tersebut.

"Pengaturan keamanan ini adalah untuk kepentingan terbaik Papua Nugini dan juga untuk Australia dan kepentingan keamanan regionalnya," kata Marape dalam sebuah pernyataan pada Selasa (5/12/2023).

Baca selengkapnya di sini

4. Israel Tak Hiraukan PBB dan AS, Terus Serang Gaza dari Darat dan Udara

Pasukan Israel terus melanjutkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza selatan, menewaskan dan melukai puluhan warga Palestina, bahkan ketika Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berulangkali mendesak mereka untuk melindungi warga sipil.

Sekutu terdekat Israel, Amerika Serikat, mengatakan bahwa serangan Israel di bagian selatan tidak boleh mengulangi korban sipil yang masif seperti yang terjadi di bagian utara.

Namun, penduduk dan wartawan di lapangan mengatakan serangan udara Israel yang intens di selatan daerah kantong pantai yang padat penduduknya itu mencakup daerah-daerah di mana Israel telah meminta orang-orang untuk mencari tempat berlindung.

Baca selengkapnya di sini

5. "Rizz" Jadi Word of The Year 2023 Versi Oxford University Press, Apa Artinya?

Oxford University Press menobatkan "rizz" sebagai Word of The Year 2023.

Kata tersebut populer digunakan oleh generasi Z atau gen Z untuk menggambarkan kemampuan seseorang untuk menarik atau merayu orang lain.

"Rizz" mengungguli "Swiftie" (penggemar antusias Taylor Swift), "situationship" (hubungan romantis atau seksual informal), dan "prompt" (instruksi yang diberikan kepada program kecerdasan buatan) dalam keputusan tahunan oleh para ahli di penerbit Kamus Bahasa Inggris Oxford itu.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2023/12/06/052800370/-populer-global-as-kehabisan-uang-bantu-ukraina-youtuber-sengaja-jatuhkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke