Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Pemilu Polandia, Partai-partai Oposisi Menang

Partai Hukum dan Keadilan (PiS) yang nasionalis dan sudah berkuasa delapan tahun terakhir sebenarnya mendapat suara terbanyak dengan 35,38 persen, tetapi kemungkinan besar tidak akan menjadi mayoritas.

Blok Civic Coalition yang liberal menempati posisi kedua dengan 30,7 persen, tetapi bersama dua partai kecil yaitu Third Way dan Left mereka mendapat mayoritas dengan 248 anggota parlemen di majelis rendah yang memiliki 460 kursi.

Oposisi juga memiliki mayoritas di majelis tinggi dengan 66 dari 100 kursi di Senat.

Pemilu Polandia pada Minggu (15/10/2023) mencatatkan rekor pemilih lebih tinggi dibandingkan ketika pemerintah komunis digulingkan pada 1989.

Kantor berita AFP melaporkan, ada lebih dari 74 persen pemilih yang memenuhi syarat memberikan suara.

Pemimpin oposisi Polandia Donald Tusk pada Minggu (15/10/2023) menyatakan dimulainya era baru bagi negaranya, setelah partai-partai oposisi mengungguli petahana dalam pemilu Polandia.

Donald Tusk (66) adalah mantan Perdana Menteri Polandia dan eks Presiden Dewan Eropa.

  • Ukraina Kecam Rusia Gelar Pemilu Lokal di 4 Wilayah yang Dicaplok
  • Pemimpin Kudeta Gabon Dilantik Jadi Presiden Sementara, Janji Gelar Pemilu Bebas dan Transparan

“Saya telah menjadi politisi selama bertahun-tahun. Saya sudah terlatih. Sepanjang hidup saya belum pernah begitu bahagia karena menempati posisi kedua."

"Polandia menang. Demokrasi menang. Kami menyingkirkan mereka dari kekuasaan,” kata Tusk kepada para pendukungnya yang bersorak-sorai, dikutip dari Associated Press.

“Hasil ini mungkin bisa lebih baik, tetapi sekarang bisa kita bilang ini akhir dari masa yang buruk, ini akhir dari pemerintahan Hukum dan Keadilan,” tambah Tusk.

Partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa selama delapan tahun menghadapi tuduhan mengikis supremasi hukum di Polandia. Partai ini juga berselisih dengan para sekutunya.

https://www.kompas.com/global/read/2023/10/17/194800870/hasil-pemilu-polandia-partai-partai-oposisi-menang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke