Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenazah Bos Mafia Italia, Messina Denaro, Dibawa ke Kampung Halaman di Sisilia

Messina Denaro (61) diperkirakan akan dimakamkan dengan cepat dan dengan sedikit upacara.

Ia ditangkap pada Januari 2023 setelah 30 tahun buron, kemudian meninggal pada Senin (25/9/2023) di rumah sakit Italia tengah.

Peti matinya dibawa dengan mobil jenazah dari rumah sakit di L'Aquila dan kemungkinan tiba di kampung halamannya di Castelvetrano, Sisilia, Rabu (27/9/2023) dini hari, menurut kantor berita ANSA, dikutip dari AFP.

Polisi biasanya melarang pemakaman para bos mafia. Hanya beberapa anggota keluarga--termasuk dua saudara perempuan dan satu saudara laki-laki--yang diperkirakan hadir dalam pemakaman Messina Denaro.

Messina Denaro adalah salah satu bos mafia terkejam di Cosa Nostra, sindikat kejahatan Sisilia yang diangkat ke layar lebar dalam film Godfather.

Dia dinyatakan bersalah oleh pengadilan atas keterlibatan pembunuhan hakim anti-Mafia Giovanni Falcone pada 1992, dan pemboman mematikan di Roma, Florence, serta Milan pada 1993.

Hukuman penjara seumur hidupnya juga dijatuhkan atas penculikan dan pembunuhan putra berusia 12 tahun dari seorang saksi dalam kasus Falcone.

Messina Denaro menghilang pada musim panas 1993, dan selama 30 tahun berikutnya dia buron ketika Italia menindak gerombolan mafia di Sisilia.

Namanya tetap yang teratas dalam daftar orang paling dicari Italia, dan semakin sering diceritakan.

Messina Denaro ditangkap pada 16 Januari 2023 saat mengunjungi klinik kesehatan di Palermo untuk mengobati kanker usus besarnya. Dia saat itu menggunakan identitas palsu.

https://www.kompas.com/global/read/2023/09/27/112100970/jenazah-bos-mafia-italia-messina-denaro-dibawa-ke-kampung-halaman-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke