Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-448 Serangan Rusia ke Ukraina: Kesepakatan Ekpor Biji-bijian Diperpanjang 60 Hari, Para Pemimpin Afrika Akan ke Kyiv dan Moskwa

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-448 pada Rabu (17/5/2023).

Ini termasuk, Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengumumkan perpanjangan dua bulan dari kesepakatan yang didukung PBB terkait pengiriman biji-bijian Ukraina melintasi Laut Hitam ke pasar global.

Sementara itu, sekelompok pemimpin Afrika yang mencoba menengahi perdamaian dalam perang di Ukraina dilaporkan akan meluncurkan misi mereka ke Moskwa dan Kyiv bulan depan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-448 yang dapat Anda simak:

Ukraina: Patriot yang dipasok AS terus beroperasi

Ukraina mengatakan pada Rabu, bahwa sistem pertahanan udara Patriot yang dipasok AS terus beroperasi di Ukraina.

"Jangan khawatir, Patriot baik-baik saja," kata juru bicara angkatan udara Ukraina, Yury Ignat kepada AFP.

Sebelumnya, Rusia mengeklaim telah menyerang senjata ampuh tersebut.

Yury Ignat menolak mengatakan apakah sistem pertahanan canggih itu telah rusak.

"Patriot sedang beroperasi. Semua baik-baik saja," tambah Ignat.

Kyiv menerima pengiriman pertama sistem rudal permukaan-ke-udara Patriot buatan Amerika pada April lalu.

Mengutip seorang pejabat AS, CNN melaporkan, bahwa sistem pertahanan udara Patriot buatan AS kemungkinan rusak akibat serangan rudal Rusia pada Selasa (16/5/2023) pagi.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada Selasa bahwa pasukannya telah menyerang sistem Patriot di Kyiv dengan rudal hipersonik Kinzhal.

 

China meminta kedutaan Barat di Beijing hapus tanda-tanda politik

Pihak berwenang di ibu kota China meminta beberapa Kedutaan Besar Barat pada pekan ini untuk menghapus tanda-tanda politik dari tembok luar mereka.

Hal itu dikatakan oleh sumber diplomatik di Beijing kepada AFP pada Rabu.

Beberapa kedutaan besar Barat di Beijing dilaporkan telah mengibarkan bendera Ukraina sebagai solidaritas dengan perjuangan negara itu melawan invasi Rusia.

Beberapa kedutaan juga menyertai pengibaran bendera Ukraina dengan pesan dukungan dalam bahasa Inggris dan China.

Namun, sumber di beberapa misi Eropa mengatakan kepada AFP bahwa mereka telah menerima pemberitahuan dari otoritas China untuk menghapus papan tanda-tanda politik tersebut.

Semua mengatakan mereka akan menolak permintaan tersebut dan tidak akan mengubah kebijakan mereka.

Rusia bekukan rekening bank kedutaan Finlandia

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan pada Rabu bahwa Rusia pada akhir April telah membekukan rekening bank kedutaannya di Moskwa dan konsulat di Saint Petersburg.

"Akun misi Finlandia di Rusia dibekukan dan tidak dapat digunakan saat ini," kata Haavisto dalam konferensi pers, menambahkan bahwa Finlandia telah melakukan kontak dengan pihak berwenang Rusia.

"Sebuah catatan dikirim ke Rusia terkait masalah ini. Rusia belum memberikan penjelasan resmi mengapa akun tersebut dibekukan," tambahnya.

Eropa dan G7 dukung pembuatan daftar kerusakan Ukraina akibat perang

Eropa dan Amerika Serikat pada Rabu mendukung ketersediaan "daftar kerusakan" yang baru dibikin untuk Ukraina sebagai langkah pertama guna membuat Rusia membayar perangnya.

Instrumen yang dibuat oleh Dewan Eropa yang beranggotakan 46 negara tersebut mencatat klaim kerusakan atau kerugian, sehingga membuka jalan menuju mekanisme masa depan untuk memberikan kompensasi kepada korban konflik.

"Daftar itu adalah langkah pertama, perlu, mendesak untuk memastikan keadilan yang berpusat pada para korban perang," kata kepala dewan Marija Pejcinovic Buric pada hari kedua KTT di Islandia.

Dia mengatakan bahwa, pada Rabu pagi, 40 negara telah menandatangani daftar tersebut, termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan semua negara G7 lainnya.

Sementara, tiga negara lainnya sedang menyelesaikan prosedur internal untuk melakukannya.

Ukraina gabung pusat pertahanan dunia maya NATO

Ukraina telah bergabung dengan pusat pertahanan dunia maya NATO, Cooperative Cyber Defense Center of Excellence (CCDCOE).

CCDCOE mengumumkan hal itu saat perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-448 pada Rabu.

Kyiv menyebut langkah tersebut sebagai sebuah langkah menuju menuju keanggotaan NATO.

Badan yang bermarkas di Tallinn, Estonia menambahkan bahwa pihaknya juga menyambut baik Islandia, Irlandia, dan Jepang.

"Kami sangat senang melihat Ukraina di sini bersama kami," kata Menteri Pertahanan Estonia Hanno Pevkur seperti dikutip dalam pernyataan CCDCOE.

Inggris dan Jerman: AS harus memutuskan pengiriman jet untuk Ukraina

Menteri pertahanan Inggris dan Jerman mengatakan pada Rabu, bahwa setiap keputusan untuk mengirim jet tempur F16 ke Ukraina akan jatuh di Gedung Putih.

"Terserah Gedung Putih untuk memutuskan apakah ingin merilis teknologi itu (atau tidak)," kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace setelah pembicaraan dengan Menlu Jerman Boris Pistorius di Berlin.

"Itu tergantung pada Gedung Putih untuk memutuskan apakah pesawat tempur F16 dapat dikirimkan," tambah Pistorius.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte sebelumnya telah menyetujui koalisi jet tempur pada hari pertama KTT Dewan Eropa di Islandia pada pekan ini.

Afrika Selatan: para pemimpin Afrika menuju ke Kyiv dan Moskwa bulan depan

Sekelompok pemimpin Afrika yang mencoba menengahi perdamaian dalam perang di Ukraina akan meluncurkan misi mereka ke Moskwa dan Kyiv bulan depan.

Agenda itu diungkap oleh seorang pejabat senior pemerintah Afrika Selatan pada Rabu.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengumumkan pada Selasa bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah setuju untuk menerima kepala negara Afrika di Moskwa dan Kyiv.

Para pemimpin Zambia, Senegal, Republik Kongo, Uganda, Mesir dan Afrika Selatan, akan memimpin prakarsa yang disambut baik oleh PBB.

"Tanggalnya harus dikonfirmasi," kata Zane Dangor, direktur jenderal di Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan, kepada anggota parlemen.

"Tapi itu akan berada di awal Juni di mana enam kepala negara akan bolak-balik antara dua ibu kota untuk terlibat dalam memfasilitasi pembicaraan damai atau setidaknya mencapai gencatan senjata. Kami juga telah melibatkan aktor lain termasuk AS. Ada dukungan umum untuk inisiatif ini," tambahnya.

Hongaria hentikan dana UE baru untuk senjata Ukraina

Hungaria memblokir pencairan 500 juta euro lagi dari dana UE untuk membayar senjata bagi Ukraina. Hal itu diputuskan setelah salah satu banknya masuk ke dalam daftar hitam Kyiv.

Menteri luar negeri Peter Szijjarto mengatakan pada Rabu, bahwa Budapest akan menahan pencairan sampai Ukraina menghapus OTP bank Hungaria dari daftar hitam perusahaan yang bekerja di Rusia.

Dia mengatakan Budapest, yang memiliki hubungan terdekat di UE dengan Rusia, juga dapat memblokir babak baru sanksi atas perang karena masalah tersebut dan rencana untuk memberlakukan pembatasan ekspor pada delapan perusahaan China.

Erdogan: kesepakatan pengiriman biji-bijian Ukraina diperpanjang selama 2 bulan

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan pada Rabu mengumumkan perpanjangan dua bulan dari kesepakatan yang didukung PBB terkait pengiriman biji-bijian Ukraina melintasi Laut Hitam ke pasar global.

“Dengan upaya negara kami, dukungan dari teman-teman Rusia kami, kontribusi dari teman-teman Ukraina kami, diputuskan untuk memperpanjang kesepakatan biji-bijian Laut Hitam selama dua bulan lagi,” kata Erdogan satu hari sebelum kesepakatan itu akan berakhir.

Menurut dia, Rusia setuju untuk tidak memblokir kapal meninggalkan dua pelabuhan Ukraina.

Erdogan mengungkapkan harapan bahwa kesepakatan itu akan bermanfaat bagi semua pihak.

Ukraina berterima kasih kepada PBB dan Turkiye

Kyiv pada Rabu berterima kasih kepada PBB dan Turkiye setelah Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengumumkan perpanjangan dua bulan dari kesepakatan yang memungkinkan ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam.

"Inisiatif Butir Laut Hitam telah dibuka blokirnya, (dan) terus berlaku hingga 18 Juli," kata Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov di Twitter.

"Kami berterima kasih kepada mitra kami atas upaya mereka dalam memperkuat ketahanan pangan," tambahnya.

Konflik antara Rusia dan Ukraina -keduanya pengekspor biji-bijian utama- memicu kekhawatiran krisis pangan global ketika pelabuhan utama Ukraina diblokir oleh kapal perang Moskwa.

Kyiv desak pembicaraan integritas teritorial dengan utusan China

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menekankan pentingnya integritas teritorial negaranya dalam pertemuan dengan utusan khusus China Li Hui.

"Menteri Dmytro Kuleba menjelaskan prinsip-prinsip memulihkan perdamaian yang stabil dan adil secara rinci, berdasarkan penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah Ukraina," jelas Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Utusan khusus China tiba di Ibu Kota Ukraina pada Selasa untuk pembicaraan dua hari dengan pihak berwenang, sebagai bagian dari tur Eropa untuk mempromosikan rencana Beijing untuk menyelesaikan konflik dengan Rusia.

Tentara bayaran Kirgistan yang berperang dengan Rusia di Ukraina dipenjara

Pengadilan Kyrgyz telah menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara kepada seorang pria yang berjuang untuk Rusia di Ukraina.

Hal ini terjadi saat Rusia tengah mencoba untuk meningkatkan perekrutan orang-orang dari negara-negara bekas Soviet di Asia Tengah.

Lusinan warga negara Asia Tengah dilaporkan telah tewas di Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

Kebanyakan dari mereka warga yang telah bergabung dengan barisan tentara Rusia atau tentawa bayaran Grup Wagner.

Ceko batalkan kesepakatan era Komunis yang memungkinkan Rusia gunakan tanah

Pemerintah Ceko pada Rabu membatalkan kesepakatan era Komunis yang memungkinkan Rusia menggunakan tanah dan properti di Praha dan di tempat lain secara gratis ketika perang Ukraina berkecamuk.

Bekas Cekoslowakia telah menyerahkan tanah dan properti bekas Uni Soviet untuk digunakan dengan tujuan diplomatik secara gratis pada 1970-an dan 1980-an ketika Praha diperintah oleh Komunis yang dikendalikan Moskwa.

Rusia mewarisi penggunaan bebas ketika Uni Soviet runtuh pada 1991, tetapi Praha tetap bersikeras bahwa Rusia telah menggunakan tanah dan properti untuk tujuan selain diplomatik, termasuk penggunaan komersial.

https://www.kompas.com/global/read/2023/05/18/092800470/rangkuman-hari-ke-448-serangan-rusia-ke-ukraina--kesepakatan-ekpor-biji

Terkini Lainnya

Terungkap Identitas Penjual Sotong di Thailand yang Viral karena Mirip Aktor Keanu Reeves

Terungkap Identitas Penjual Sotong di Thailand yang Viral karena Mirip Aktor Keanu Reeves

Global
Di Tengah Kemarahan Global, Israel Serang Kamp Pengungsi Lagi di Rafah, 21 Orang Tewas

Di Tengah Kemarahan Global, Israel Serang Kamp Pengungsi Lagi di Rafah, 21 Orang Tewas

Global
Di Tengah Kecaman Global, Tank-tank Israel Diam-diam Telah Capai Pusat Kota Rafah

Di Tengah Kecaman Global, Tank-tank Israel Diam-diam Telah Capai Pusat Kota Rafah

Global
Bagaimana China Membantu Rusia Hadapi Dampak Sanksi Barat?

Bagaimana China Membantu Rusia Hadapi Dampak Sanksi Barat?

Internasional
Saat 145 Negara Kini Akui Negara Palestina...

Saat 145 Negara Kini Akui Negara Palestina...

Global
Produsen Susu Australia Lirik Peluang dari Program Makan Siang Gratis Prabowo

Produsen Susu Australia Lirik Peluang dari Program Makan Siang Gratis Prabowo

Global
Keluh Kesah Warga Jepang soal Turis Gunung Fuji, Kini Pemandangan Ditutup

Keluh Kesah Warga Jepang soal Turis Gunung Fuji, Kini Pemandangan Ditutup

Global
Spanyol dan Norwegia Resmi Akui Negara Palestina, Irlandia Segera Menyusul

Spanyol dan Norwegia Resmi Akui Negara Palestina, Irlandia Segera Menyusul

Global
Influencer Pendidikan China Terlampau Disiplin, Pendekatan Belajarnya Picu Kontroversi

Influencer Pendidikan China Terlampau Disiplin, Pendekatan Belajarnya Picu Kontroversi

Global
Sempat Alami Masalah Kesehatan, Ini Kondisi Terkini Mike Tyson

Sempat Alami Masalah Kesehatan, Ini Kondisi Terkini Mike Tyson

Global
Kata Biden soal Serangan Israel ke Rafah yang Bakar Hidup-hidup Pengungsi di Tenda

Kata Biden soal Serangan Israel ke Rafah yang Bakar Hidup-hidup Pengungsi di Tenda

Global
Sejumlah 'Influencer' Kaya Raya di China Hilang dari Media Sosial, Ada Apa?

Sejumlah "Influencer" Kaya Raya di China Hilang dari Media Sosial, Ada Apa?

Global
Uni Eropa: Ukraina Berhak Pakai Senjata Barat untuk Serang Rusia

Uni Eropa: Ukraina Berhak Pakai Senjata Barat untuk Serang Rusia

Global
Suhu di Pakistan Melebihi 52 Derajat Celcius Saat Gelombang Panas

Suhu di Pakistan Melebihi 52 Derajat Celcius Saat Gelombang Panas

Global
Mengapa Irlandia Jadi Negara Eropa Paling Pro-Palestina?

Mengapa Irlandia Jadi Negara Eropa Paling Pro-Palestina?

Global
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke