Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Kecaman Global, Tank-tank Israel Diam-diam Telah Capai Pusat Kota Rafah

Kompas.com - 28/05/2024, 20:42 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

GAZA, KOMPAS.com - Tank-tank Israel ternyata telah mencapai pusat Kota Rafah, Gaza selatan pada Selasa (28/5/2024).

Situasi ini nyatanya terjadi ketika Israel sedang menjadi sorotan dunia setelah melancarkan serangan udara ke Rafah dan memicu kebakaran yang membakar para pengungsi hidup-hidup di tenda-tenda.

Sebagaimana dilansir Reuters, para saksi mata berucap tank-tank Israel telah bergerak maju ke pusat kota Rafah untuk pertama kalinya pada Selasa ini.

Baca juga: Kata Biden soal Serangan Israel ke Rafah yang Bakar Hidup-hidup Pengungsi di Tenda

"Tank-tank dan kendaraan lapis baja yang dilengkapi dengan senapan mesin terlihat di dekat masjid Al-Awda, sebuah tempat penting di Rafah," kata para saksi mata kepada Reuters.

Penduduk bersaksi, pasukan Israel telah menggempur Rafah dengan serangan udara dan tembakan tank sejak Minggu (26/5/2024).

Warga mengatakan lingkungan Tel Al-Sultan di Rafah, tempat terjadinya serangan udara yang menyebabkan kebakaran tenda-tenda pengusngi pada Minggu malam, nyata masih dibombardir.

“Peluru-peluru tank berjatuhan di mana-mana di Tel Al-Sultan. Banyak keluarga yang melarikan diri dari rumah mereka di Rafah barat di bawah gempuran sepanjang malam,” kata seorang warga kepada Reuters melalui aplikasi chatting.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) pada Selasa ini melaporkan, ada sekitar satu juta orang -banyak yang berulang kali mengungsi akibat gelombang perang yang terus berganti- telah melarikan diri dari serangan Israel di Rafah sejak awal Mei.

Sebuah video yang diperoleh Reuters menunjukkan keluarga-keluarga yang kembali bergerak, membawa barang-barang mereka melalui jalan-jalan Rafah yang hancur, dengan anak-anak mereka yang kelelahan mengikuti di belakang.

Baca juga: Demo Pro-Palestina di Paris, 10.000 Orang Protes Serangan Israel ke Rafah

“Ada banyak serangan, asap dan debu. Ini adalah kematian dari Tuhan... Orang-orang (Israel) menghantam di mana-mana. Kami lelah,” kata Moayad Fusaifas, sambil mendorong barang-barang di atas dua sepeda.

Para saksi mata juga mengatakan kepada AFP bahwa tank-tank Israel telah ditempatkan di pusat Kota Rafah pada Selasa.

"Tank-tank Israel ditempatkan di bundaran Al-Awda di pusat kota Rafah,” kata seorang saksi mata.

Sebuah sumber keamanan dari Rafah mengonfirmasi bahwa tank-tank Israel berada di pusat kota.

Warga melaporkan bahwa bentrokan telah terjadi di bundaran tersebut antara pasukan Israel dan pasukan Hamas.

Israel seperti diketahui telah melancarkan serangan kontroversial ke Rafah pada awal Mei ini, tak mempedulikan kekhawatiran akan keselamatan 1,4 juta warga sipil Palestina yang saat itu berlindung di kota tersebut.

Pasukan Israel juga telah menguasai sisi Palestina di perlintasan perbatasan Rafah antara Mesir dan Gaza.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com