Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelajar yang Lempar Telur ke Raja Charles III Dinyatakan Bersalah

Raja Charles dilempar setidaknya lima telur ke arahnya saat berjalan-jalan di timur laut Kota York. Thelwell mengeklaim, aksinya dilakukan untuk menanggapi kekerasan negara.

Thelwell di pengadilan membantah pelanggaran tersebut dengan alasan penggunaan kekerasan tingkat rendah adalah sah, karena itu pembelaan diri terhadap kekerasan yang dilakukan negara Inggris.

Hakim Paul Goldspring selaku kepala hakim di pengadilan York memutuskan Thelwell bersalah atas dakwaan tersebut.

"(Thelwell) bermaksud membuat Raja Charles percaya bahwa kekerasan yang melanggar hukum akan segera digunakan untuk melawannya," kata Goldspring, dikutip dari kantor berita AFP.

Raja Charles III dan Ratu Camilla berada di kota York pada 9 November 2022 untuk meresmikan patung mendiang Ratu Elizabeth II di York Minster.

Mereka disambut oleh pejabat setempat ketika Thelwell mengarahkan lima telur yang "hampir mengenai Raja Charles," kata pengadilan York selama persidangan.

Thelwell terdengar mencemooh dan berteriak, "Negara ini dibangun di atas darah budak" dan "bukan rajaku" saat insiden tersebut. Dia kemudian ditahan polisi.

Beberapa orang di kerumunan bereaksi dengan meneriakkan, "Tuhan selamatkan Raja (God save the King)" dan "Kamu memalukan" kepada Thelwell.

Thelwell dijatuhi hukuman 100 jam kerja sosial tanpa bayaran.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/15/223000870/pelajar-yang-lempar-telur-ke-raja-charles-iii-dinyatakan-bersalah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke