Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lancarkan Serangan Bertubi-tubi, Pasukan Rusia Tak Buat Kemajuan di Bakhmut dan Avdiivka

KYIV, KOMPAS.com – Ukraina mengatakan, upaya pasukan Rusia untuk merebut Kota Bakhmut dan Kota Avdiivka tidak membuat kemajuan.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan, kedua kota tersebut merupakan episentrum serangan rusia, bersama beberapa permukiman lain di Donetsk.

Dilansir dari Reuters, Rabu (29/3/2023), Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina menyebutkan bahwa pasukan Rusia menyerang Kota Bakhmut dan Kota Avdiivka tanpa henti.

“Musuh melanjutkan serangannya ke kota Bakhmut. Namun, pasukan kami dengan berani mempertahankan kota itu, menangkis banyak serangan musuh,” kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina menambahkan bahwa pasukan Ukraina telah menangkis 57 serangan Rusia di Bakhmut dan beberapa kota lain.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Inggris melaporkan bahwa pasukan Rusia hanya membuat kemajuan kecil dalam upaya mengepung Avdiivka.

Di sisi lain, pemimpin Republik Rakyat Donetsk yang ditunjuk Moskwa, Denis Pushilin, menyampaikan bahwa pasukan Rusia membuat kemajuan.

Dia menyampaikan, sebagian besar pasukan Ukraina telah mundur dari pabrik logam di Bakhmut.

Kantor berita Rusia, RIA, melaporkan bahwa Moskwa sudah mengirim ratusan tank baru dan tank yang telah di-upgrade kepada pasukannya.

Sedangkan tank-tank yang dijanjikan Barat untuk Ukraina mulai berdatangan menjelang rencana serangan balik yang segera dilancarkan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, invasi Rusia dapat diakhiri lebih cepat daripada apa yang sudah diprediksi.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/29/150100270/lancarkan-serangan-bertubi-tubi-pasukan-rusia-tak-buat-kemajuan-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke