Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Paus Benediktus XVI Meninggal, Jenazah Disemayamkan 3 Hari di Basilika Santo Petrus

Paus Benediktus meninggal pada Sabtu (31/12/2022) dalam usia 95 tahun. Ia memimpin Gereja Katolik selama delapan tahun sebelum menjadi paus pertama dalam enam abad yang mundur pada 2013.

Penggantinya, Paus Fransiskus, akan memimpin pemakaman pada Kamis (5/1/2023) di Lapangan Santo Petrus.

Paus benama asli Joseph Aloisius Ratzinger asal Jerman itu meninggal di biara Mater Ecclesiae di dalam taman Vatikan, yang merupakan rumahnya selama satu dekade terakhir.

Jenazahnya akan dipindahkan pada Senin (2/1/2023) pagi ke basilika, Di sana pada jemaat dapat memberi penghormatan dan perpisahan.

Vatikan pada Minggu (1/1/2023) merilis foto-foto jenazah Paus Benediktus XVI yang mengenakan jubah berkabung kepausan merah dan ditempatkan di atas catafalque kapel biara.

Pengunduran diri Benediktus yang mengejutkan menciptakan situasi luar biasa saat itu, karena jadi ada dua "pria berbaju putih"--dia dan Fransiskus--di Vatikan.

Pemakamannya juga akan menjadi hal baru.

Kematian kepausan biasanya dilanjutkan dengan pemanggilan para kardinal untuk memilih penggantinya, tetapi kali ini Paus Fransiskus tetap di posisinya dan akan memimpin prosesi pemakaman.

Pemakaman Benediktus bakal khusyuk tetapi sederhana, kata Vatikan dikutip dari kantor berita AFP.

Setelah itu dia akan dimakamkan di makam kepausan di bawah Basilika Santo Petrus.

Vatikan belum merilis rincian daftar tamu, hanya mengatakan bahwa akan mencakup delegasi dari Italia dan Jerman, negara asal Paus Benediktus XVI.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/02/114500970/paus-benediktus-xvi-meninggal-jenazah-disemayamkan-3-hari-di-basilika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke