Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari ke-311 Serangan Rusia ke Ukraina: Komitmen Ukraina Perkuat Diri | Putin Undang Xi Jinping

Presiden Ukraina itu menambahkan dalam pidato video malamnya bahwa Kyiv telah memperkuat kemampuan anti-pesawatnya dan akan semakin memperkuatnya di tahun baru untuk melindungi dirinya sendiri dan seluruh benua Eropa.

Kabar itu jadi pembuka rangkuman hari ke-311 serangan Rusia ke Ukraina pada Sabtu (31/1/2023).

Tak terasa sudah tahun baru, dan perang masih berkecamuk. Berikut poin-poin selengkapnya, dilansir dari Guardian.

Situasi Perang

- Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan Vladimir Putin belum melepaskan rencananya untuk mengendalikan Ukraina dan memperingatkan semua orang untuk mempersiapkan diri untuk jangka panjang.

- Vladimir Putin telah mengundang mitranya dari China, Xi Jinping, untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskwa pada musim semi mendatang, karena Rusia berupaya memperdalam hubungannya dengan China di tengah meningkatnya isolasi internasional atas perang di Ukraina.

- Belarus telah memanggil duta besar Ukraina, mengatakan pihaknya menembak jatuh rudal pertahanan udara Ukraina di wilayah Belarusia. Alexander Volfovich, sekretaris dewan keamanan Belarusia, menuduh Ukraina mencoba untuk memprovokasi konflik regional.

- Zelensky mengulangi peringatannya sebelumnya bahwa Moskwa mungkin berencana menjerumuskan Ukraina ke dalam kegelapan sebelum liburan Malam Tahun Baru.

Diplomasi

- Kepala rabi Moskwa yang diasingkan mengatakan orang-orang Yahudi harus meninggalkan Rusia selagi masih bisa, sebelum mereka dijadikan kambing hitam atas kesulitan yang disebabkan oleh perang di Ukraina.

- Republik yang memproklamirkan diri di Donetsk (DPR) dan Luhansk (LPR), keduanya merupakan wilayah pendudukan Ukraina yang diklaim telah dianeksasi Rusia, telah mengadopsi konstitusi baru, lapor kantor berita Tass milik negara Rusia.

Ekonomi

- Oligarki Rusia terkaya telah kehilangan hampir 95 miliar dollar AS tahun ini di tengah sanksi yang diberlakukan oleh negara-negara barat atas perang Ukraina.

- Inggris mengatakan telah memberi Ukraina lebih dari 1.000 detektor logam dan 100 peralatan untuk menonaktifkan bom guna membantu membersihkan ladang ranjau dalam contoh terbaru dukungan militer.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/01/064500370/rangkuman-hari-ke-311-serangan-rusia-ke-ukraina--komitmen-ukraina-perkuat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke