Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Untuk Pertama Kalinya, Putin Sebut Serangannya di Ukraina dengan Istilah "Perang"

“Tujuan kami bukan untuk memutar roda konflik militer ini, tetapi, sebaliknya, untuk mengakhiri perang ini,” kata Putin pada konferensi pers yang disiarkan televisi pada hari Kamis (22/12/2022).

Dilansir dari The Hill, Putin sebelumnya menggunakan istilah "operasi militer khusus" untuk menggambarkan perang di Ukraina dan secara efektif melarang menyebut invasi sebagai "perang".

Dia pernah dilaporkan memenjarakan orang di Rusia karena menggunakan bahasa yang sama.

Terlepas dari klaim presiden Rusia bahwa ia bertujuan untuk mengakhiri perang, juru bicara keamanan nasional AS John Kirby mengatakan bahwa Putin tidak tertarik dengan diplomasi saat ini.

“Justru sebaliknya,” kata Kirby. “Dia tertarik untuk membunuh lebih banyak warga sipil Ukraina dan mematikan lampu dan mematikan panas saat musim dingin mendekat.”

Perubahan bahasa terjadi setelah kunjungan bersejarah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Washington DC awal pekan ini.

Sebelum berpidato di Kongres pada Rabu (21/12/2022) malam, Zelensky bertemu dengan Presiden Biden di Gedung Putih.

Presiden AS itu menegaskan kembali dukungannya untuk Ukraina dan mengumumkan bantuan militer senilai 1,85 miliar dollar AS untuk negara tersebut, termasuk sistem rudal Patriot.

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/24/160000970/untuk-pertama-kalinya-putin-sebut-serangannya-di-ukraina-dengan-istilah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke