Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agen FSB: Serangan Ukraina ke Wilayah Rusia Meningkat Pesat, Ada 100 Pengeboman

FSB mengeklaim, satu orang tewas dan lima terluka dalam seminggu terakhir.

"Sejak awal Oktober, jumlah serangan dari formasi bersenjata Ukraina di wilayah perbatasan Rusia meningkat pesat," kata FSB yang bertanggung jawab atas keamanan perbatasan, dikutip dari kantor berita AFP.

Serangan-serangan itu terkonsentrasi di wilayah Belgorod Rusia, dekat kota Kharkiv di Ukraina, serta Bryansk dan Kursk, lanjut FSB.

Dikatakan bahwa dalam seminggu terakhir "lebih dari 100 pengeboman tercatat di 32 lokasi, dengan menggunakan beberapa peluncur roket, artileri, mortir, dan drone".

Seorang anak termasuk di antara korban luka, kata FSB, menambahkan bahwa serangan itu juga menghancurkan dua stasiun listrik, 11 bangunan tempat tinggal, dan dua gedung administrasi.

Ledakan di jembatan Crimea

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menuding Ukraina berada di balik ledakan jembatan Crimea yang terjadi pada Sabtu (8/10/2022).

Tudingan tersebut disampaikan Putin pada Minggu (9/10/2022) dan menyebut ledakan itu sebagai tindakan terorisme.

“Tidak diragukan lagi. Ini adalah tindakan terorisme yang bertujuan menghancurkan infrastruktur sipil yang sangat penting,” kata Putin dalam sebuah video di saluran Telegram Kremlin.

“Ini dirancang, dilakukan dan diperintahkan oleh layanan khusus Ukraina,” sambung Putin, sebagaimana dilansir Reuters.

Komite Anti-Terorisme Nasional Rusia mengatakan, sebuah truk barang meledak di jalanan jembatan pada pukul 06.07 waktu setempat.

Ledakan di jembatan Crimea yang terletak di atas Selat Kerch disambut gembira oleh sejumlah pejabat Ukraina. Namun, Ukraina tidak mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/10/123300970/agen-fsb-serangan-ukraina-ke-wilayah-rusia-meningkat-pesat-ada-100

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke