Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangladesh Akan Susul Sri Lanka Alami Krisis Ekonomi Parah?

DHAKA, KOMPAS.com – Bangladesh belakangan disebut-sebut menjadi negara yang berpotensi mengalami krisis ekonomi parah seperti Sri Lanka.

Sebab, cadangan devisa negara itu dilaporkan sudah berkurang karena tagihan impor yang meningkat.

Hal itu telah mendorong Pemerintah Bangladesh untuk mencari utang dari badan-badan global, termasuk Dana Moneter Internasional (IMF).

Lantas, apakah Bangladesh akan mengalami krisis ekonomi parah seperti Sri Lanka?

Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina yakin negaranya tidak akan menghadapi situasi seperti krisis ekonomi di Sri Lanka meskipun pemerintahnya telah mencari utang dari badan-badan global di tengah penurunan cadangan devisa dan melonjaknya biaya impor.

Dalam wawancara dengan ANI yang disiarkan menjelang kunjungannya ke India pada pada Senin (5/9/2022), Hasina memastikan bahwa ekonomi Bangladesh tetap kuat meskipun ada dampak Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Ekonomi Bangladesh senilai 416 miliar dollar AS disebut menjadi salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia selama bertahun-tahun.

"Bangladesh selalu tepat waktu (dalam membayar) utang kami. Tingkat utang kami sangat rendah dalam konteks Sri Lanka," kata Hasina, sebagaimana dikutip dari Kantor berita Reuters.

"Beberapa pihak telah mengangkat masalah ini bahwa Bangladesh akan menjadi Sri Lanka, tetapi saya dapat memastikan bahwa itu tidak akan terjadi," tegas dia.

  • Bangladesh Minta China Bantu Pemulangan Kembali Pengungsi Rohingya ke Myanmar
  • Bangladesh Terancam Krisis, Puluhan Ribu Masjid Diminta Batasi Pengunaan AC
  • Jutaan Korban Banjir Mematikan di Bangladesh dan India Menanti Bantuan

Sri Lanka sendiri telah mencapai kesepakatan awal dengan IMF pada Kamis (1/9/2022) untuk pinjaman sekitar 2,9 miliar dollat AS, setelah negara itu jatuh ke dalam krisis karena salah urus ekonomi dan pandemi Covid menghapus industri pariwisata utamanya.

Selama kunjungan empat harinya ke India, Hasina dijadwalkan bakal bertemu dengan mitranya dari India dan para pemimpin lainnya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/05/143100970/bangladesh-akan-susul-sri-lanka-alami-krisis-ekonomi-parah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke