Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peringatan Taiwan pada China: Jangan Pernah Langgar Batas Pintu Kami

Ini disampaikan Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang pada hari Jumat (2/9/2022), sembari menyebut China harus menahan diri.

Dilansir Reuters, untuk pertama kalinya, militer Taiwan menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak sipil tak dikenal yang memasuki wilayah udaranya di dekat sebuah pulau kecil di dekat kota Xiamen China pada Kamis(1/9/2022).

Sikap ini diambil Taiwan setelah pemerintah berjanji akan mengambil tindakan keras terhadap peningkatan gangguan.

China menjawab bahwa Taiwan sedang mencoba untuk "meningkatkan ketegangan" atas insiden tersebut.

Su mengatakan kepada wartawan bahwa Taiwan telah berulang kali mengeluarkan peringatan dan meminta China "untuk tidak melanggar batas pintu kami".

Drone itu ditembak jatuh setelah memasuki ruang udara terbatas di dekat pulau kecil Lion, dan jatuh ke laut, menurut militer Taiwan.

"Mereka berulang kali mengabaikan peringatan kami untuk pergi dan kami tidak punya pilihan selain membela diri dan menembak," kata Su.

"Ini adalah reaksi yang paling tepat setelah pengekangan dan peringatan berulang kali," tambahnya.

"Kami tidak akan pernah memprovokasi, dan kami akan melakukan hal yang paling tepat untuk melindungi tanah kami dan rakyat kami."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan upaya Taiwan untuk meningkatkan ketegangan tidak berarti apa-apa.

Media Taiwan mengutip Kantor Urusan Taiwan China yang menggambarkan jatuhnya pesawat tak berawak itu sebagai "sangat konyol" dan bahwa Taiwan berusaha "meningkatkan konfrontasi".

Komando pertahanan Kinmen mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukannya mendeteksi dua drone lebih lanjut yang "dengan cepat" terbang kembali ke Xiamen setelah pasukan menembakkan suar untuk memperingatkan mereka agar pergi.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/03/073103770/peringatan-taiwan-pada-china-jangan-pernah-langgar-batas-pintu-kami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke