Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-187 Serangan Rusia ke Ukraina: Serangan Balik Kherson, IAEA Menuju PLTN Zaporizhzhia

Sementara itu, Ukraina memulai serangan balik di Kherson dan Amerika Serikat (AS) akan bertemu para sekutu untuk membahas dukungan bagi Kyiv.

Rangkuman perang Rusia-Ukraina terkini dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

PLTN terbesar di Eropa itu diduduki oleh pasukan Rusia sejak awal perang.

Moskwa dan Kyiv saling menyalahkan atas penembakan di sekitar kompleks yang berisi enam reaktor nuklir rancangan Soviet di kota Enerhodar, Ukraina selatan, tersebut.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memperingatkan, misi itu akan menjadi yang paling sulit hingga saat ini.

“Misi ini akan menjadi yang tersulit dalam sejarah IAEA (Badan Energi Atom Internasional), mengingat aktivitas tempur aktif yang dilakukan oleh Federasi Rusia di lapangan dan cara yang sangat terang-terangan bahwa Rusia mencoba untuk melegitimasi kehadirannya,” kata Kuleba saat berkunjung ke Stockholm, Swedia.

"Hari ini terjadi serangan artileri yang kuat terhadap posisi musuh di... seluruh wilayah wilayah Kherson yang diduduki," kata Wakil Dewan Regional Kherson, Sergey Khlan, kepada stasiun tv Ukraina Pryamyi.

"Ini adalah pengumuman dari apa yang telah kami tunggu sejak musim semi--ini adalah awal dari mengakhiri pendudukan wilayah Kherson," imbuhnya.

Pasukan Rusia merebut Kherson pada 3 Maret. Kherson adalah kota besar pertama yang jatuh setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Uni Eropa perlu mengurangi ketergantungan sepihak, baik itu di bidang ekonomi, energi, atau pertahanan, desak Scholz seraya menyerukan Uni Eropa yang geopolitik, berdaulat, dan diperbesar.

Dia berkomitmen memasukkan enam negara di Balkan barat, Moldova, Georgia, dan Ukraina ke Uni Eropa.

"Aksesi Uni Eropa mereka adalah kepentingan kami," katanya.

Namun, ketika blok itu melebar, hak veto masing-masing anggota harus dicabut, katanya, dengan transisi ke sistem pemungutan suara mayoritas agar tidak memperlambat pengambilan keputusan Uni Eropa.

"Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina secara langsung", yang juga akan mencakup pejabat militer senior, akan mengadakan pembicaraan di Pangkalan Udara Ramstein AS, kata Angkatan Udara AS di Eropa dan Angkatan Udara Afrika.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/30/070000870/rangkuman-hari-ke-187-serangan-rusia-ke-ukraina--serangan-balik-kherson

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke