Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penasihat Covid AS Anthony Fauci Akan Mundur pada Desember 2022

Anthony Fauci juga merupakan pakar penyakit menular top Amerika yang menjadi wajah perjuangan negara itu melawan pandemi. Ia mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin (22/8/2022).

Fauci mengatakan, dia akan meninggalkan posisinya sebagai direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID), dan sebagai kepala penasihat medis untuk Biden. Namun dia menambahkan, "Saya tidak pensiun."

Pria berusia 81 tahun yang sebelumnya mengungkapkan rencana untuk pergi pada akhir masa jabatan Biden saat ini tersebut mengumumkan, dia akan mundur pada Desember untuk mengejar babak berikutnya dalam kariernya.

Biden kemudian menyampaikan rasa terima kasih yang terdalam kepada Fauci dalam pidato di Gedung Putih.

"Karena banyak kontribusi Dr Fauci bagi kesehatan masyarakat, kehidupan di sini di Amerika Serikat dan di seluruh dunia telah diselamatkan," kata presiden, seraya menambahkan bahwa negara menjadi lebih kuat, lebih tangguh, dan lebih sehat karena dia.

Fauci memimpin respons Amerika Serikat terhadap wabah penyakit menular sejak 1980-an, dari HIV/AIDS hingga Covid-19, dan telah mengabdi di bawah tujuh presiden.

Ketika Covid kali pertama menyebar secara global dari China pada 2020, ia menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya, meyakinkan publik dengan sikap tenang dan profesionalnya selama sering tampil di media.

Akan tetapi, keterbukaannya terhadap kegagalan awal Amerika untuk mengatasi virus corona membawa Fauci terlibat konflik dengan mantan presiden Donald Trump, dan mengubah dokter-ilmuwan itu menjadi sosok yang dibenci oleh sebagian orang golongan kanan.

Fauci sekarang hidup dengan perlindungan keamanan setelah keluarganya mendapat ancaman pembunuhan dan pelecehan.

Biden mengatakan bahwa setelah memenangkan pilpres AS 2020, ketika ia mencoba membangun tim untuk memimpin respons Covid-19, Fauci adalah salah satu orang pertama yang dia panggil.

"Dalam peran itu, saya dapat meneleponnya kapan saja untuk meminta nasihatnya karena kami menangani pandemi yang terjadi sekali dalam satu generasi ini," kata presiden.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/23/080000070/penasihat-covid-as-anthony-fauci-akan-mundur-pada-desember-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke