Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Skotlandia Resmi Sediakan Pembalut Gratis untuk Publik

Dilansir NBC, Undang-Undang Produk Periode mulai berlaku Senin (15/8/2022).

Undang-undang ini telah berlaku di Skotlandia, memastikan produk menstruasi tersedia secara gratis bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Di bawah undang-undang baru, sekolah, perguruan tinggi dan universitas serta badan pemerintah daerah harus menyediakan berbagai produk menstruasi atau pembalut secara gratis di kamar mandi mereka.

Pemerintah Skotlandia telah menginvestasikan jutaan pound sejak 2017 untuk mendanai produk menstruasi gratis di lembaga pendidikan, tetapi undang-undang menjadikannya persyaratan hukum.

Aplikasi ponsel juga membantu orang menemukan tempat terdekat seperti perpustakaan lokal atau pusat komunitas, di mana mereka dapat mengambil produk ini.

“Menyediakan akses ke produk periode gratis sangat penting untuk kesetaraan dan martabat, dan menghilangkan hambatan finansial untuk mengaksesnya,” kata Sekretaris Keadilan Sosial Skotlandia Shona Robison.

"Ini lebih penting dari sebelumnya pada saat orang membuat pilihan sulit karena krisis biaya hidup dan kami tidak pernah ingin siapa pun berada dalam posisi di mana mereka tidak dapat mengakses produk menstruasi," tambahnya.

RUU tersebut, yang disahkan dengan suara bulat pada tahun 2020, diperkenalkan anggota parlemen Parlemen Skotlandia Monica Lennon.

Dia telah berkampanye melawan “kemiskinan periode”, yakni ketika seseorang yang membutuhkan produk sanitasi tidak mampu membelinya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/17/190000270/skotlandia-resmi-sediakan-pembalut-gratis-untuk-publik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke