Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pejabat yang Terlibat Kasus Hukum Harus Mundur Menurut Aturan Partai di Negara Afrika

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan partai yang berkuasa Kongres Nasional Afrika (ANC) memutuskan untuk mempertahankan aturannya bahwa siapa pun yang dituduh melakukan korupsi atau kejahatan lain harus mundur saat mereka sedang diselidiki.

"Pandangan yang luar biasa dari kebijakan konferensi adalah untuk mempertahankan ketentuan 'mundur' untuk meningkatkan integritas gerakan dan kepemimpinan," katanya yang disambut tepuk tangan meriah.

Dilansir dari Reuters, Ramaphosa berbicara pada Minggu (31/7/2022) di akhir konferensi kebijakan nasional tiga hari, yang mempertemukan delegasi ANC secara nasional untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Ramaphosa telah mengambil tindakan tegas terhadap korupsi sejak mengambil alih sebagai pemimpin ANC pada Desember 2017.

Anggota faksi ANC yang setia kepada mantan Presiden Jacob Zuma - yang sedang diselidiki karena korupsi tetapi menyangkal melakukan kesalahan - ingin aturan itu dibatalkan.

Mereka beralasan bahwa aturan itu digunakan untuk menganiaya lawan politik dengan tuduhan palsu.

Menghapus aturan akan memungkinkan penantang potensial bersaing melawannya, untuk tiket ANC dalam pemilihan presiden 2024 - terutama Ace Magashule, yang diskors sebagai sekretaris jenderal partai tahun lalu setelah didakwa melakukan korupsi.

Partai akan memilih calonnya pada akhir tahun ini.

Menghapus aturan pengunduran diri itu juga akan memungkinkan beberapa sekutu Zuma di berbagai pemerintah daerah untuk kembali menjabat.

Ramaphosa sendiri menghadapi penyelidikan polisi atas keuangannya setelah pencuri mencuri 4 juta dollar AS dari pertaniannya pada Juni, dan lawan-lawannya berharap menggunakan ini untuk menggulingkannya.

Jika dia didakwa dengan ketidakberesan apa pun - seperti gagal melaporkan uang kepada otoritas pajak atau melanggar kontrol pertukaran uang - maka dia sendiri mungkin akan dipaksa untuk minggir.

Ramaphosa mengatakan uang itu berasal dari penjualan hewan buruan di peternakan, dan menyambut baik penyelidikan tersebut.

Membuka konferensi pada Jumat (29/7/2022), presiden memarahi ANC karena kehilangan kepercayaan publik, dengan mengatakan bahwa partai tersebut lebih lemah daripada kapan pun sejak mengakhiri kekuasaan minoritas kulit putih pada 1994.

ANC berkuasa selama hampir tiga dekade di Afrika Selatan, tetapi menghadapi kemarahan publik atas pemadaman listrik yang memburuk, layanan dasar yang buruk atau tidak ada, ekonomi yang lesu, tender pengadaan yang korup, dan penembakan terkait kejahatan.

Pada Minggu (31/7/2022), Ramaphosa mengatakan partai tersebut telah memutuskan untuk mengatasi semua masalah ini dan untuk mengurangi kemiskinan yang meluas di negara berpenduduk sekitar 60 juta itu.

Dia juga mengatakan partai telah menegaskan kembali posisinya bahwa bank sentral milik swasta harus dinasionalisasi.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/01/150744270/pejabat-yang-terlibat-kasus-hukum-harus-mundur-menurut-aturan-partai-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke