Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Italia Utara Kekeringan Terparah dalam 70 Tahun, 5 Wilayah Kondisi Darurat

Po adalah sungai terpanjang di Italia yang berkontribusi pada sekitar sepertiga produksi pertanian negara itu.

Keputusan pemerintah akan mengizinkan pihak berwenang mempercepat proses birokrasi dan mengambil tindakan segera jika dianggap perlu, seperti memberlakukan penjatahan air untuk rumah dan bisnis.

Sungai Po mengalir sepanjang lebih dari 650 km di wilayah utara Italia yang kaya. Namun, banyak jalur air kini mengering dan para petani mengatakan bahwa alirannya sangat lemah, sehingga air laut merembes ke daratan dan merusak tanaman.

Pemerintah mengatakan, tindakan darurat akibat Italia kekeringan akan mencakup wilayah-wilayah yang berbatasan dengan Sungai Po dan cekungan air di timur Pegunungan Alpen.

Pemerintah "Negeri Piza" mengalokasikan dana awal 36,5 juta euro (Rp 570,56 miliar) untuk membantu kelima wilayah tersebut mengatasi kekurangan air akibat Italia kekeringan.

  • Italia Kekeringan, Kota Rumahnya Romeo-Juliet Batasi Pemakaian Air Minum
  • Kota di Meksiko Batasi Akses Air Hanya 6 Jam Per Hari karena Kekeringan
  • Penampakan Kota Berusia 3.400 Tahun yang Muncul dari Dasar Sungai Tigris Setelah Kekeringan

"Keadaan darurat ditujukan untuk mengelola situasi saat ini dengan cara dan kekuatan yang luar biasa, dengan bantuan kepada penduduk yang terkena dampak," kata pemerintah dikutip dari Reuters.

Pemerintah menambahkan, tindakan lebih lanjut dapat diambil ke depannya untuk mengatasi Italia kekeringan yang menurut otoritas pengairan semakin berdampak pada wilayah tengah setelah musim dingin dan musim semi yang sangat kering, diikuti awal musim panas yang sangat tinggi suhunya.

Media Italia melaporkan, Perdana Menteri Mario Draghi juga mempertimbangkan untuk menunjuk seorang komisaris guna mengoordinasikan respons Italia kekeringan, dengan cara yang sama seperti pemerintah menunjuk komisaris untuk mengawasi krisis virus corona.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/05/085500770/italia-utara-kekeringan-terparah-dalam-70-tahun-5-wilayah-kondisi-darurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke