Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putin Batalkan Rencana Serang Pabrik Azovstal di Mariupol: Kepung Saja

MOSKWA, KOMPAS.com – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (21/4/2022) memerintahkan militer Rusia untuk membatalkan rencana menyerbu pabrik Azovstal di Kota Mariupol, Ukraina.

Sebagai gantinya,Putin memerintahkan agar pabrik yang menjadi basis pejuang Rusia tersebut terus dikepung secara tertutup.

Dilansir Reuters, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu sebelumnya mengatakan bahwa lebih dari 2.000 pejuang Ukraina masih bersembunyi di pabrik besar tersebut.

“Aku menganggap usulan penyerbuan zona industri tidak perlu,” kata Putin kepada Shoigu dalam pertemuan yang disiarkan televisi di Kremlin.

“Aku memerintahkanmu untuk membatalkannya,” sambung Putin.

Putin mengatakan, keputusannya untuk tidak menyerbu pabrik Azovstal didasari oleh keinginannya untuk melindungi nyawa tentara Rusia.

“Blokir kawasan industri ini agar lalat pun tidak bisa lewat,” sambung Putin.

Putin juga berseru kepada pejuang Ukraina yang tersisa di Azovstal yang belum menyerah untuk meletakkan senjata.

Dia mengatakan, Rusia akan memperlakukan mereka dengan hormat dan akan memberikan bantuan medis kepada mereka yang terluka.

Rusia mengirim puluhan ribu tentaranya ke Ukraina pada 24 Februari.

Pasukan Ukraina ternyata memberikan perlawanan keras dan Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia agar Moskwa menarik pasukannya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/21/180100170/putin-batalkan-rencana-serang-pabrik-azovstal-di-mariupol--kepung-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke