Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasukan Koalisi Pimpinan Arab Saudi Gempur Depot Senjata Pemberontak Houthi

RIYADH, KOMPAS.com – Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi menyerang situs rudal balistik, depot senjata, dan pesawat nirawak (UAV) milik pemberontak Houthi di Yaman utara.

Arab Saudi melancarkan serangan udara di situs-situs tersebut pada Rabu (10/11/2021) malam waktu setempat hingga Kamis (11/11/2021) dini hari.

Pasukan koalisi mengatakan, serangan udara dilakukan di Provinsi Saada dan Sanaa sebagaimana dilansir Anadolu Agency.

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) mewartakan, pasukan koalisi menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan operasi yang sah.

Sementara itu, saluran yang terkait dengan Houthi, Almasirah TV, melaporkan bahwa pasukan koalisi meluncurkan lima serangan udara di berbagai bagian di Sanaa.

Yaman telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014 ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sana'a.

Krisis meningkat pada 2015 ketika pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi meluncurkan kampanye militer ke Yaman.

Pasukan koalisi tersebut bertujuan untuk mengembalikan pemerintah Yaman kembali berkuasa di negara itu.

Perang saudara di Yaman telah merenggut lebih dari 233.000 jiwa menurut PBB.

Konflik di negara tersebut juga makin runyam dari waktu ke waktu dan keruntuhan ekonomi tak dapat dihindari. Warga sipil juga yang menanggung akibatnya.

Saking parahnya krisis di sana, PBB menyebut kondisi di Yaman sebagai krisis kemanusiaan paling buruk di dunia dengan 16 juta orang menghadapi kelaparan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/11/160000170/pasukan-koalisi-pimpinan-arab-saudi-gempur-depot-senjata-pemberontak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke