Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Tengah Gelombang Ke-6 Covid-19, Singapura Jadi Tuan Rumah Pertemuan Elite Dunia

Singapura akan menjadi tuan rumah konferensi Bloomberg New Economy Forum yang bakal digelar pada 16-19 November di Hotel Capella.

Konferensi ini akan dihadiri lebih dari 300 elite politik dan bisnis dunia dari 51 negara, untuk membahas isu-isu terkini global terutama Covid-19.

Mantan wali kota New York yang juga penggagas konferensi, Michael Bloomberg, akan langsung hadir di lokasi.

Diplomat senior yang juga mantan menteri luar negeri Amerika Serikat, Henry Kissinger, dijadwalkan akan menjadi salah satu pembicara konferensi.

Kissinger yang berusia 98 tahun itu akan terbang langsung dari AS menuju Singapura.

Nama-nama besar lain yang akan berbicara adalah Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo; Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat untuk Iklim, John Kerry; mantan menteri keuangan AS, Henry Paulson; Perdana Menteri Serbia, Ana Brnabic; dan mantan perdana menteri Australia, Kevin Rudd.

Dari sektor bisnis, pendiri Microsoft sekaligus filantropis Bill Gates juga akan terbang ke "Negeri Merlion” dengan para eksekutif senior korporat lain seperti Chief Executive Officer (CEO) Google, Sundar Pichai; CEO perusahaan alat medis Medtronic, Geoff Martha; CEO Mastercard, Michael Miebach; CEO bank investasi Goldman Sachs, David Solomon; dan CEO perusahaan pembayaran Paypal, Dan Schulman.

Konferensi yang ditahbiskan sebagai pesaing World Economic Forum (WEF) tersebut akan memasuki edisi keempat. Adapun Singapura sebelumnya telah menggelar konferensi pertama pada November 2018.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Singapura Gan Kim Yong menegaskan, kepercayaan yang diberikan kepada Singapura sangat krusial untuk menunjukan negara kota itu tetap mampu menjadi hub bisnis dan ekonomi dunia di tengah pandemi Covid-19.

Menjadi tuan rumah konferensi Bloomberg New Economy Forum juga menunjukkan komitmen Pemerintah Singapura untuk mencapai target new normal hidup bersama Covid-19 yang endemik.

Protokol kesehatan ketat di Bloomberg New Economy Forum

Ratusan delegasi dunia harus menjalani protokol kesehatan (prokes) yang ketat setibanya di Bandara Internasional Changi.

Semua delegasi wajib menunjukan bukti telah menerima vaksin Covid-19 yang diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Setelah itu mereka akan di-swab tes PCR Covid-19 dan harus tinggal di kamar hotel hingga keluar hasil PCR negatif.

Sebelum memasuki Hotel Capella yang berlokasi di Pulau Sentosa, delegasi harus menjalani tes harian Covid-19 selama empat hari konferensi.

Hotel mewah Capella sebelumnya adalah tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bersejarah antara mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un pada Mei 2018.

Pemerintah Singapura memberikan pengecualian khusus kepada delegasi konferensi, mereka diizinkan berkumpul tatap muka dan bersantap bersama maksimal lima orang di sejumlah restoran yang telah ditetapkan.

Warga Singapura yang bukan delegasi resmi konferensi juga diizinkan berkumpul bersama delegasi sepanjang menunjukan bukti tes Covid-19 negatif.

Adapun saat ini Singapura masih dalam status pembatasan sosial hingga 21 November mendatang. Maksimal hanya dua orang yang diizinkan bertatap muka dan makan di tempat.

Konferensi Bloomberg New Economy Forum menjadi langkah maju Singapura setelah batalnya rencana menggelar World Economic Forum pada Agustus lalu.

Singapura juga akan menjadi tuan rumah acara-acara lain dalam waktu dekat, seperti Kejuaraan Dunia Tenis Meja pada pekan pertama Desember, dan turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF, dari 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Kasus Covid-19 di Singapura saat ini masih berkutat di angka 3.000-an per hari. Kapasitas unit perawatan intensif (ICU) tersisa 27,2 persen.

Jumlah pasien yang meninggal belum menurun dan telah mencapai 480 korban jiwa. Sejak gelombang ke-6 Covid-19 Singapura mengguncang pada 23 Agustus, jumlah pasien yang meninggal meroket lebih dari sembilan kali lipat dari awalnya hanya dua digit.

Total jumlah kasus Covid-19 di Singapura saat ini adalah 184.419. Angka vaksinasi tetap salah satu yang tertinggi di dunia yaitu 85 persen.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/07/140156470/di-tengah-gelombang-ke-6-covid-19-singapura-jadi-tuan-rumah-pertemuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke