Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AL AS Pecat Komandan Kapal Selam yang Tabrak Gunung Bawah Laut China Selatan

AL AS beralasan, kecelakaan pada 2 Oktober itu seharusnya dapat dicegah.

Komandan Cameron Aljilani dan dua orang lainnya dicopot dari posisinya menyusul penyelidikan atas kecelakaan di Laut China Selatan yang disengketakan itu.

Akibat tabrakan, kapal selam USS Connecticut terpaksa berlayar di permukaan selama seminggu untuk mencapai Guam.

“Penilaian yang baik, pengambilan keputusan yang bijaksana, dan kepatuhan terhadap prosedur yang diperlukan dalam perencanaan navigasi, pelaksanaan tim pengawas, dan manajemen risiko dapat mencegah insiden tersebut,” kata Armada ke-7 yang berbasis di Pasifik barat, dalam pernyataan yamg dikutip AFP.

Setelah penilaian kerusakan di Guam, kapal akan kembali ke pangkalan kapal selam AS di Bremerton, Washington, untuk perbaikan.

Pekan lalu Angkatan Laut AS mengatakan, penyelidikan menunjukkan bahwa kapal selam itu menabrak "gunung bawah laut" yang belum dipetakan saat berpatroli di bawah permukaan.

Sebanyak 11 pelaut terluka dalam kecelakaan itu. Menurut laporan, tabrakan tersebut merusak tangki pemberat kapal selam, tetapi pembangkit nuklirnya tidak rusak.

Angkatan Laut AS rutin melakukan operasi di wilayah tersebut untuk menantang klaim teritorial China di pulau-pulau kecil, terumbu karang, dan singkapan.

Adapun posisi Aljilani digantikan oleh komandan sementara.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/05/071021970/al-as-pecat-komandan-kapal-selam-yang-tabrak-gunung-bawah-laut-china

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke