Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Greta Thunberg Serukan Bank di Dunia Berhenti Danai Proyek Bahan Bakar Fosil

LONDON, KOMPAS.com - Greta Thunberg menyerukan untuk bank-bank di dunia berhenti mendanai proyek bahan bakar fosil yang yang memicu perubahan iklim dan menghancurkan Bumi.

Aktivis iklim remaja dari Swedia berada di London untuk ambil bagian dalam protes menuntut sistem keuangan berhenti mendanai proyek bahan bakar fosil.

Greta Thunberg mengatakan kepada wartawan BBC bahwa "perubahan mungkin terjadi" di KTT COP26 tentang iklim, jika tekanan kepada para politisi dipertahankan.

Demonstrasi menentang investasi dalam proyek bahan bakar fosil datang ketika para pemimpin dunia berkumpul di kota Skotlandia menjelang pembukaan acara COP26 tentang iklim pada Minggu (31/10/2021).

Protes di London adalah bagian dari rangkaian aksi unjuk rasa yang berlangsung pada Jumat (29/10/2021) di pusat-pusat keuangan di seluruh dunia, seperti New York, San Francisco, dan Nairobi.

Para pengunjuk rasa di seluruh dunia itu menyerukan bank untuk tidak meminjamkan uang kepada perusahaan dan proyek yang menggunakan bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak, dan gas alam.

Konferensi COP26 akan dihadiri oleh lebih dari 200 negara, yang diminta untuk menetapkan rencana mereka dalam mengurangi emisi gas rumah kaca pada 2030.

KTT ini dipandang penting jika negara-negara memenuhi janji yang dibuat pada 2015 untuk menjaga pemanasan global "jauh di bawah" 2 Celcius di atas tingkat pra-industri.

Sebagai negara tuan rumah, Inggris berada di bawah tekanan untuk membuat komitmen ambisius dalam mengurangi gas rumah kaca yang mereka keluarkan.

Greta Thunberg mengkonfirmasi pekan ini dia akan melakukan perjalanan ke Glasgow untuk bergabung dengan "pemogokan iklim" yang akan dilakukan selama KTT.

Ditanya apakah dia diminta untuk berbicara di acara tersebut, dia menjawab, "Saya tidak tahu. Sangat tidak jelas. Tidak, seperti, secara resmi."

Dalam program KTT resminya, Inggris mengatakan ingin "meningkatkan suara kaum muda" selama serangkaian acara yang diselenggarakan pada salah satu hari KTT bersama badan iklim pemuda resmi PBB.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/30/080334870/greta-thunberg-serukan-bank-di-dunia-berhenti-danai-proyek-bahan-bakar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke