Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kim Yo Jong: Korut Terbuka untuk Akhiri Perang Korea dengan Korsel

Perkataan Kim Yo Jong adalah tanggapan atas seruan baru dari Korsel guna mengakhiri Perang Korea yang belum diselesaikan dengan perjanjian damai.

Perang Korea berakhir pada 1953 dengan gencatan senjata, sehingga Korut dan Korsel secara teknis masih berperang sampai sekarang.

Akibat belum ada kesepakatan hitam di atas putih untuk mengakhiri Perang Korea, Korsel dan Korut kerap terjebak dalam ketegangan.

Pekan ini, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyerukan kedua Korea dan sekutu mereka - AS yang mendukung Korsel, dan China yang merupakan mitra ekonomi terbesar Korut - untuk menyatakan secara resmi berakhirnya Perang Korea dan membawa perdamaian ke semenanjung itu.

Ide tersebut awalnya ditolak oleh seorang menteri tinggi Korea Utara, yang menyebutnya masih prematur.

Namun, dalam pernyataan tak terduga yang dirilis pada Jumat (24/9/2021) melalui media pemerintah, Kim Yo Jong justru mengatakan ide itu mengagumkan.


Meski begitu, adik perempuan Kim Jong Un tersebut menambahkan, Korea Utara hanya akan bersedia membahas proposalnya jika Korea Selatan menghentikan apa yang dia sebut kebijakan bermusuhan terhadap mereka.

"Yang perlu dihilangkan adalah sikap berbelit-belit, prasangka tidak logis, kebiasaan buruk, dan sikap bermusuhan yang membenarkan tindakan mereka sendiri sambil menyalahkan pelaksanaan hak membela diri kita yang adil," katanya dikutip dari BBC.

"Hanya ketika prasyarat seperti itu terpenuhi, mungkin saja untuk duduk berhadap-hadapan dan menyatakan penghentian perang yang signifikan," lanjutnya.

Korea Selatan awal bulan ini menguji coba rudal balistik kapal selam pertamanya, hanya beberapa jam setelah Korea Utara menguji senjata mereka sendiri.

Korea Utara juga sering mengkritik latihan militer tahunan Korea Selatan dengan AS.

Hubungan antara Korut dan Korsel belum banyak membaik sejak pembicaraan denuklirisasi antara Kim Jong Un dan presiden AS Donald Trump pada 2019 tidak menghasilkan kesepakatan apa pun.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/24/151103370/kim-yo-jong-korut-terbuka-untuk-akhiri-perang-korea-dengan-korsel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke