Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mantan Penasihat Obama: Biden Harus Pecat Penasihat Keamanan Nasional AS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang mantan penasihat Gedung Putih di masa pemerintahan mantan presiden AS Barack Obama, menulis opini pada Senin (16/8/2021).

Dilansir The Hill, dia menulis bahwa Presiden AS Joe Biden harus memecat penasihat keamanan nasional Jake Sullivan, sehubungan dengan pengambilalihan Taliban di Afghanistan.

Artikel yang diterbitkan di USA Today ini ditulis mantan direktur keterlibatan global Obama, Brett Bruen.

Dia berpendapat bahwa Sullivan, yang bekerja dengannya dalam pemerintahan Demokrat, telah gagal dalam semua aspek posisinya.

"Penasihat keamanan nasional memiliki dua pekerjaan. Seperti namanya, mereka adalah penasihat terakhir dan idealnya paling dekat dengan presiden di Ruang Situasi," tulis Bruen.

"Tugas kedua mereka adalah menerjemahkan keputusan dan arahan panglima tertinggi ke dalam kebijakan praktis."

"Kadang-kadang hal itu butuh membicarakan kebenaran kepada kekuasaan. Pada semua skor ini, penghuni kantor saat ini tampaknya telah gagal," tambahnya.

Bruen mengatakan bahwa Sullivan berpengalaman dalam teori dan argumen kebijakan luar negeri, tetapi dia tidak memiliki pengalaman luar negeri yang mengakibatkan "terputusnya hubungan antara ide dan eksekusi."

"Ya, Biden ingin keluar dari Afghanistan. Sullivan harus mencari cara untuk mencapai tujuan presiden sambil memastikan kami menghindari potensi jebakan dan masalah. Jelas bukan itu yang terjadi," tulis Bruen.

Bruen berpendapat bahwa Sullivan seharusnya memediasi keinginan Biden yang jelas, bukan hanya "ikut saja."

Dia mengklaim bahwa pemerintahan Biden sejauh ini "lebih kuat pada slogan daripada substansi dalam hal kebijakan luar negeri."

Mantan penasihat Obama inj juga mengeluhkan apa yang dia gambarkan sebagai banyak "tipe politik".

Mereka mengisi posisi yang sangat berpengaruh daripada diplomat karier.

"Penunjukan di seluruh struktur keamanan nasional adalah cerminan dari arogansi yang menyertai kedatangan tim ini," ujarnya.

"Mereka sebagian besar mengabaikan kekhawatiran dan peringatan para pakar institusional tentang beberapa masalah internasional utama," tulis Bruen.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/18/124649070/mantan-penasihat-obama-biden-harus-pecat-penasihat-keamanan-nasional-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke