Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terungkap, Gedung Putih Sempat "Kacau" Saat Trump Terjangkit Covid-19

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Fakta terbaru menunjukkan bahwa pejabat di Gedung Putih sempat panik saat Presiden Donald Trump tertular virus corona pada Oktober 2020 lalu.

Gedung Putih bahkan dilaporkan menelepon Komisaris FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) saat itu, Stephen Hahn.

Mereka memintanya untuk menandatangani otorisasi penggunaan antibodi monoklonal, untuk "orang yang tidak disebutkan namanya".

Dugaan insiden tersebut dirinci dalam buku yang akan segera terbit, "Nightmare Scenario: Inside the Trump Administration's Response to the Pandemic That Changed History," yang ditulis wartawan Washington Post.

Buku ini, menggambarkan kekacauan yang dialami Gedung Putih pasca-diagnosis positif Trump.

Bahkan, mereka mencoba mengambil jalan pintas supaya Trump bisa mendapat akses ke "pengobatan eksperimental".

Buku yang ditulis Yasmeen Abutaleb dan Damian Paletta ini memang merinci tanggapan di balik layar pemerintahan Trump terhadap pandemi virus corona.

Kembali pada permintaan Gedung Putih di awal, FDA tentu tak langsung setuju. Hahn mengatakan bahwa FDA perlu meninjau catatan pasien dan surat dokter, sebelum memberikan izin.

Tapi Gedung Putih terus mendesaknya untuk segera lakukan tanda tangan--tanpa menyebut nama Trump.

"Ketika Hahn akhirnya mengetahui upaya itu atas nama presiden, dia tercengang. "Demi Tuhan, pikirnya. Presiden yang sakit, dan Gedung Putih ingin kami melanggar aturan?"" tulis keduanya.

"Trump berada dalam kategori risiko tertinggi untuk Covid-19. Usianya 74 tahun, jarang berolahraga, dan dianggap obesitas secara medis. Dia adalah tipe pasien yang ingin Anda ambil setiap ada tindakan pencegahan."

Setelah menganalisis catatan, FDA pun akhirnya menandatangani pengobatan dalam waktu 24 jam. Trump pun akhirnya dirawat.

Setelah tinggal di rumah sakit dan menjalani perawatan, para pejabat Gedung Putih berharap Trump akan mulai "menganggap virus secara serius".

Mereka juga berharap Trump bisa mendorong warga AS untuk menerapkan jaga jarak dan protokol kesehatan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/27/111244370/terungkap-gedung-putih-sempat-kacau-saat-trump-terjangkit-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke