Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Coelacanth, Ikan Raksasa Misterius dari Zaman Dinosaurus, Hidup 100 Tahun

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah penelitian menemukan ikan raksasa misterius yang dapat hidup selama 100 tahun, yang spesiesnya telah bertahan sejak zaman dinosaurus. Itu adalah Coelacanth.

Coelacanth adalah ikan yang bergerak lambat, yang tumbuh seukuran manusia, dijuluki "fosil hidup" dan juga tumbuh dengan kecepatan yang sangat lambat, seperti yang dilansir dari The Guardian pada Jumat (18/6/2021).

Coelacanth betina tidak mencapai kematangan seksual sampai akhir usia 50-an, kata studi oleh para ilmuwan Perancis.

Sementara, coelacanth jantan mencapai kematangan seksual pada usia 40 hingga 69 tahun.

Studi menunjukkan yang paling aneh dari ikan itu adalah kehamilan coelacanth berlangsung sekitar 5 tahun.

Coelacanth, yang telah ada selama 400 juta tahun, dianggap punah sampai ditemukan hidup pada 1938 di lepas pantai Afrika Selatan.

Para ilmuwan dulu percaya bahwa coelacanth hidup sekitar 20 tahun. Namun sekarang, dengan ilmuwan menerapkan teknik standar baru untuk penanggalan ikan.

Para ilmuwan Perancis itu menghitung usia mereka benar-benar hampir 1 abad, menueur sebuah penelitian di jurnal Current Biology yang dirilis pada Kamis (17/6/2021).

Ikan raksasa misterius itu sangat terancam punah, sehingga para ilmuwan hanya bsa mempelajari spesies yang sudah ditangkap dan mati.

Di masa lalu, para ilmuwan mengetahui usia ikan dengan menghitung garis besar pada coelacanth skala tertentu.

Namun, ilmuwan Perancis menyadari mereka melewatkan garis yang lebih kecil yang dapat dilihat hanya dengan menggunakan cahaya yang dipolarisasi, teknik yang digunakan untuk menenetukan usia ikan komersial.

Bruno Ernande, ahli ekologi evolusi kelautan di lembaga penelitian kelautan Perancis dan penulis studi tersebut, mengatakan cahaya terpolarisasi mengungkapkan 5 garis kecil untuk setiap garis besar.

Para peneliti menyimpulkan garis yang lebih kecil justru berkorelasi lebih baik dengan 1 tahun usia coelacanth, dan itu menunjukkan spesimen tertua mereka berusia 84 tahun.

Dengan menggunakan teknik tersebut, para ilmuwan mempelajari 2 embrio dan menghitung keduanya berusia 5 tahun. Jadi, kata Ernande, mereka menghitung kehamilan coelacanth berlangsung setidaknya 5 tahun.

Kehamilan 5 tahun itu "sangat aneh" untuk ikan atau hewan apa pun, kata Harold Walker dari Scripps Institution of Oceanography di San Diego, California. Walker bukan bagian dari penelitian.

Meskipun coelacanth tidak berhubungan secara genetik dengan makhluk laut dalam lainnya, seperti hiu dan pari, tapi mereka serupa dalam penuaan perlahan, kata Ernande. Hiu bisa hidup sampai ratusan tahun.

“Mereka mungkin telah mengembangkan sejarah kehidupan yang serupa karena mereka berbagi habitat dengan tipe yang sama,” katanya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/19/104126270/coelacanth-ikan-raksasa-misterius-dari-zaman-dinosaurus-hidup-100-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke