Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Filipina: Tangkap Pelancong dengan Tes Covid-19 Palsu

MANILA, KOMPAS.com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan, orang yang bepergian dengan hasil tes swab PCR palsu seharusnya ditangkap dan dikenakan sanksi.

Pernyataan tersebut disampaikan Duterte dalam briefing minguan yang disiarkan televisi pada Senin (14/6/2021) sebagaimana dilansir Coconuts.

Duterte melontarkan pernyataan tersebut setelah muncul beberapa laporan yang menyebutkan beberapa pelancong terbukti membawa hasil tes swab PCR palsu di beberapa lokasi.

Di Boracay, sebuah pulau eksotis di Filipina, sebanyak empat pelancong ditangkap karena membawa hasil tes swab PCR palsu pekan ini.

“Mohon periksa ini dua kali, apakah Anda memiliki hasil tes asli atau tidak,” kata Duterte.

“Tangkap mereka yang membawa tes palsu dan tegakkan kepatuhan protokol kesehatan yang ketat di pariwisata lokal,” sambung Duterte.

Dalam kesempatan yang sama, Duterte menyatakan dukungannya terhadap gerakan bagi-bagi sembako dan sayuran kepada warga lokal.

Namun, Duterte juga memperingatkan bahwa mereka harus tetap mengikuti protokol kesehatan supaya tidak menjadi super spreader.

“Sebenarnya, saya salut kepada orang-orang di balik ini (gerakan bagi-bagi sembako dan sayuran) dan mereka yang mencetuskannya,” ujar Duterte.

“Tapi tolong baca aturannya dulu. Pastikan aturan itu dipatuhi,” imbuh Duterte.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/18/113339070/presiden-filipina-tangkap-pelancong-dengan-tes-covid-19-palsu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke