Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keamanan Ratu Elizabeth II Siaga Tinggi, Dua Penyusup Masuk Perkebunan Windsor

Mirror mewartakan pada Sabtu (1/5/2021), diketahui para tersangka adalah seorang pria berusia 31 tahun dan pacarnya yang berusia 29 tahun.

Mereka memanjat pagar di Royal Lodge pada 25 April, dekat dengan tempat Pimpinan Monarki Inggris yang berusia 95 tahun biasa berjalan-jalan dengan corgisnya dan mengendarai kuda.

Para tersangka dilaporkan ditangkap di halaman penginapan, yang termasuk dalam kompleks Kapel All Saints, tempat Ratu menghadiri kebaktian Minggu, serta rumah putranya Pangeran Andrew.

Keamanan dikatakan berada dalam "siaga tinggi" pada saat itu.

Hanya beberapa hari sebelumnya, seorang wanita diduga secara keliru diizinkan masuk ke halaman kompleks kerajaan oleh penjaga. Wanita itu memasuki Royal Lodge, sementara Pangeran Andrew (61 tahun), berada di kediamanannya.

Untungnya penyusup itu berhasil dihentikan oleh seorang anggota staf.

Putra ketiga dari Ratu Elizabeth dan mendiang Pangeran Philip itu diketahui juga berada di rumah selama insiden terakhir minggu lalu.

Polisi menangkap dua tersangka di halaman penginapan dan membawa mereka ke kantor polisi Maidenhead, The Sun melaporkan.

Mereka dibebaskan dengan jaminan polisi menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Sebuah sumber mengklaim kepada surat kabar tersebut: “Ini adalah kesalahan yang mencengangkan. Semua orang waspada setelah penyusup pertama, sekarang ini terjadi. Itu tidak bisa dimaafkan."

Pasangan itu dikatakan sudah berkeliaran selama beberapa waktu sebelum ada yang melihat mereka dan polisi dipanggil.

"Andrew ada di rumah saat itu. Anda pasti bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi di sana."

Mantan petugas perlindungan pribadi Putri Diana mengecam kelalaian petugas keamanan perkebunan sebagai "lelucon." Dia mengatakan itu membuat Ratu yang menjanda "rentan."

Polisi Thames Valley mengatakan petugas memanggil kepolisian untuk melaporkan dua penyusup di halaman penginapan di Berkshire pada sore 25 April.

Seorang juru bicara Ratu menolak berkomentar.

Privy Purse, pos anggaran pribadi Ratu, sudah menyediakan keamanan pribadi di Royal Lodge.

Metro Police menyediakan keamanan bersenjata sepanjang waktu kepada bangsawan senior di istana dan rumah mereka.

Keamanan Andrew diperkecil tahun lalu di bawah langkah-langkah pemotongan biaya, dan karena penarikannya dari tugas kerajaan.

Keadaan itu terjadi setelah wawancara dengan BBC Newsnight atas persahabatannya dengan pedofil Jeffrey Epstein, menimbulkan pergunjingan terhadap dirinya dan kerajaan Inggris dalam masyarakat secara luas.

Ia masih memiliki perlindungan pribadi Polisi Metropolitan London. Tetapi petugas tidak lagi bersenjata secara rutin.

Ratu terus tinggal di Kastil Windsor, kurang dari empat mil dari Royal Lodge, sambil melindungi dari virus corona setelah kematian suaminya Pangeran Philip bulan lalu.

Dia bergabung dengan sekitar 20 anggota staf dalam apa yang disebut HMS Bubble. Ratu telah keluar dari Istana Buckingham sejak Maret tahun lalu.

Ratu telah melindungi suaminya Pangeran Philip, 99, sampai kematiannya di Kastil Windsor pada 9 April.

Dua kali kebobolan

Sebelumnya, seorang wanita yang mengaku memiliki kepentingan dengan Pangeran Andrew bisa berkeliaran di sekitar rumahnya, setelah secara keliru diizinkan masuk oleh penjaga yang ceroboh pada 19 April.

Keamanan bahkan dikatakan telah membayar ongkos taksi wanita berusia 43 tahun itu, ketika dia tiba di Royal Lodge di Windsor Great Park, tempat Duke of York tinggal bersama mantan istrinya Sarah Ferguson.

Wanita itu, kemudian diketahui adalah warga negara Spanyol. Dia mengklaim ada di sana untuk makan siang dengan Sang Duke, dan menghabiskan waktu sekitar 20 menit berjalan di sekitar taman.

Mirror melaporkan, dia kemudian memasuki gedung yang masuk daftar Grade II. Tepat di mana putra Ratu berada di rumah pada saat itu, sampai dia akhirnya ditahan di lobi setelah bertanya kepada seorang pekerja di mana Duke berada.

Wanita itu diduga memberi tahu anggota staf bahwa dia bertunangan dengan Andrew dan berada di sana untuk menikah dengannya.

Polisi Thames Valley menangkap wanita itu karena dicurigai melakukan perampokan. Hukuman kepadanya kemudian dicabut setelah kasusnya masuk dalam Undang-Undang Kesehatan Mental.

Insiden itu terjadi dua hari setelah pemakaman Philip.

https://www.kompas.com/global/read/2021/05/02/151022170/keamanan-ratu-elizabeth-ii-siaga-tinggi-dua-penyusup-masuk-perkebunan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke