Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dites Negatif Covid-19, Biden: Masker adalah Alat Kesehatan yang Penting

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan wakil presiden Amerika Serikat sekaligus calon presiden Joe Biden dikabarkan negatif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan pada awal Jumat (2/10/2020).

Biden dan istrinya, Jill Biden diperiksa setelah mengikuti debat capres pertama dengan calon presiden petahana Donald Trump yang positif mengidap virus corona.

Melalui Twitternya, Biden mengumumkan bahwa dirinya dan istrinya, Jill Biden negatif Covid-19.

"Kita perlu mempelajari ilmu dalam memerangi penyakit ini dengan serius jika kita ingin menyelamatkan nyawa. Dan yang terpenting, berita tersebut (Trump positif Covid) adalah pengingat bahwa kita sebagai bangsa perlu berbuat lebih baik dalam menghadapi pandemi ini," ujar Biden usai mendoakan Trump dan ibu negara Melania Trump yang juga dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Biden, yang berbagi panggung dengan Trump di Cleveland pada Selasa untuk debat presiden pertama, mengatakan momen tersebut menyerukan untuk mengesampingkan politik dan mengakui gravitasi virus - dan untuk mengenakan masker.

“Masker wajah ini adalah alat kesehatan masyarakat yang paling penting dan kuat yang kita miliki,” kata Biden, yang tidak pernah melepaskan masker bedah birunya selama pidatonya.

Seorang pejabat kampanye Biden mengatakan kepada NBC News bahwa kampanye Biden menarik semua iklan negatif tentang Trump dari rotasi media berbayar mereka.

Penanganan Trump terhadap pandemi virus corona telah menjadi poin utama pemilihan, dengan lawan-lawannya mengkritik tanggapannya terhadap wabah itu.

Trump telah dianggap meremehkan risiko dan tingkat keparahan pandemi serta mengejek penggunaan masker yang biasa dipakai Biden selama debat capres perdana kemarin.

Melansir Associated Press (AP), Biden lebih berhati-hati dalam melakukan kampanye dibandingkan Trump yang kerap membuat kerumunan massa. 

Setelah menghabiskan sebagian besar musim semi dan musim panas untuk menghindari keramaian, Biden mengadakan acara publik yang jauh lebih sedikit sejak kembali ke jalur kampanyenya bulan lalu.

Semuanya dengan kerumunan kecil dan juga mengikuti pedoman jarak sosial. Pada Kamis kemarin, Biden juga mengumumkan bahwa dia akan melanjutkan kampanye door-to-door selain melalui telepon dan via digital kepada para pemilih.

Biden melakukan perjalanan dari Delaware ke Michigan pada Jumat sore untuk acara kampanye, sementara Jill Biden menghadiri acara terpisah di New Hampshire.

Pasangan Biden di ajang pilpres, Kamala Harris, juga melakukan perjalanan yang telah dijadwalkan sebelumnya ke Las Vegas.

Kampanye tersebut mengonfirmasi bahwa Biden, istrinya, dan Harris semuanya dinyatakan negatif dari infeksi virus corona.

“Ini bukan masalah politik. Ini adalah pengingat yang kuat bagi kita semua," kata Biden di Grand Rapids, menyerukan mandat masker nasional saat dia berbicara dengan mengenakan masker bedah. “Kita harus menangani virus ini dengan serius."

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/03/075333470/dites-negatif-covid-19-biden-masker-adalah-alat-kesehatan-yang-penting

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke