Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurnalis Ini Tunggu 5 Tahun untuk Berikan Pertanyaan ke Trump: Apa Anda Menyesal Sudah Berbohong?

Semua berawal ketika sang presiden memberikan konferensi pers terkait virus corona dan calon rivalnya di Pilpres AS, Joe Biden.

Di tengah-tengah berbicara itu, jurnalis asal Huffington Post, SV Date, mengajukan pertanyaan yang membuat Trump bahkan terkejut.

"Tuan Presiden, setelah 3,5 tahun, apakah Anda menyesal sudah berbohong kepada rakyat AS?" tanya Date seperti dikutip Global News pekan lalu.

"Menyesal soal apa?" balas Trump. "Segala kebohongan, segala ketidakjujuran yang Anda sampaikan," jelas koresponden Gedung Putih itu.

Presiden 74 tahun itu kemudian menanyakan apa yang dia maksudkan. "Anda yang melakukan (kebohongan) kepada puluhan ribu orang," kata Date.

Trump berhenti sejenak, sebelum memutuskan mengabaikan pertanyaan itu dan menjawab awak media lain selama konferensi pers.

Dalam kicauannya di Twitter, Date mengaku dia sudah menunggu lama untuk mengajukan pertanyaan itu kepada Trump, yakni selama lima tahun.

Dia menerangkan, dia yakin sang presiden sudah memikirkannya selama beberapa detik. Terlihat dari caranya mengucapkan uuuhh.

"Dia memutuskan bahwa mungkin saja yang paling tepat saat momen itu adalah dengan tidak menjawabnya," ujar Date dalam video yang ditayangkan Huffington Post.

Date berujar, dia meyakini pada beberapa kesempatan pemimpin dari Partai Republik tersebut tahu dia sering berbohong kepada publik.

Dia melanjutkan memaklumi jika mungkin saja ada wartawan Gedung Putih lainnya yang punya pikiran serupa, namun tidak pernah bertanya.

"Penting baginya memberikan informasi akurat. Dia bekerja untuk kami. Di dunia demokrasi, seperti inilah yang ideal," paparnya.

Berdasarkan data dari pemeriksa fakta The Washington Post, selama menjabat Trump sudah membuat sekitar 20.000 kebohongan atau informasi sesat.

Pernyataan keliru itu meliputi sidang pemakzulan dirinya, virus corona yang tengah merebak, hingga kematian pria kulit hitam bernama George Floyd.

https://www.kompas.com/global/read/2020/08/17/123842970/jurnalis-ini-tunggu-5-tahun-untuk-berikan-pertanyaan-ke-trump-apa-anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke