Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dilalap Api, Katedral Legendaris di Nantes Diduga Sengaja Dibakar

Api di katedral Nantes abad ke-15 itu menghancurkan jendela-jendela kaca dan mengepulkan asap hitam ke angkasa dari sela-sela menaranya.

Sekitar 100 personel pemadam kebakaran kemudian dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah, yang telah melahap bagian dalam katedral.

Kebakaran diperkirakan terjadi pada Sabtu pagi (18/7/2020) waktu setempat, dan polisi Perancis turut membantu memadamkan api.

Video yang beredar memperlihatkan asap keluar dari bagian depan katedral, dengan jendela-jendela kaca yang meledak di antara dua menara besar.

Nyala api yang berpusat pada "organ agung" berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian.

Sky News memberitakan, atap katedral yang awalnya dikatakan terancam roboh kini dipastikan aman.

Jaksa Pierre Senne mengatakan kepada wartawan, ada 3 lokasi kebakaran di sana dan pihak berwenang menangani insiden itu sebagai tindakan kriminal. Penyelidikan pun telah diluncurkan.

Katedral legendaris itu sebagian hancur di Perang Dunia II, akibat pengeboman Sekutu pada 1944.

"Itu bagian dari sejarah kami, bagian dari warisan kami," ujar Wali Kota Nantes Johanna Rolland dikutip dari Sky News Sabtu (18/7/2020).

"Kami semua teringat kejadian ini di pikiran, cerita ini di hati kita, tetapi pada tahap ini, situasinya tampaknya tidak bisa dibandingkan dengan 1972."

Sementara itu Perdana Menteri Perancis Jean Castex dan Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin, telah berkunjung ke lokasi pada Sabtu sore waktu setempat.

Kebakaran di Katedral St Pierre dan St Paul ini terjadi lebih dari setahun usai kebakaran besar di Katedral Notre-Dame di Paris terbakar yang menghancurkan atapnya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/07/19/080551270/dilalap-api-katedral-legendaris-di-nantes-diduga-sengaja-dibakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke