Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Pilih Bubuk Matcha untuk Bikin Makanan, Lihat Warnanya

Kompas.com - 14/09/2023, 17:08 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Matcha mirip seperti cokelat. Bahan makanan ini disukai banyak orang. Matcha pun cocok dicampur ke dalam berbagai makanan, sama halnya dengan cokelat.

Harga matcha di pasaran bervariasi mengikuti kualitasnya. Pilihlah matcha berkualitas baik untuk dikonsumsi.

Menurut Ami, Chef Modena sekaligus 1st Runner-up MasterChef Indonesia musim 10, ada dua cara memilih matcha yang bisa disimak sebelum memberi bubuk teh hijau ini.

Baca juga:

1. Lihat warnanya

Matcha jelas berwarna hijau. Namun, bila diperhatikan mendetail, ada matcha berwarna hijau terang, juga matcha berwarna hijau pekat.

"Semakin terang warna hijau matcha, itu menandakan matcha berkualitas baik. Kalau matcha berwarna hijau army atau sedikit abu-abu, itu kurang baik," kata Ami.

2. Pastikan rasanya

Ketika mengonsumsi matcha, kita menelan semua bagian daunnya. Itulah mengapa matcha disebut lebih baik karena mengandung lebih tinggi kafein dan antioksidan.PIXABAY/FARMERDIR Ketika mengonsumsi matcha, kita menelan semua bagian daunnya. Itulah mengapa matcha disebut lebih baik karena mengandung lebih tinggi kafein dan antioksidan.

Menurut Ami, matcha dengan warna hijau terang memiliki rasa lebih ringan sehingga cocok dicampur ke dalam makanan apa saja.

"Bahkan kalau mau ekplorasi lagi, bisa saja membuat makanan asin dari matcha, tergantung pengolahannya," kata Ami usai acara memasak Kopi Kenangan X Modena di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Berbeda dengan matcha hijau terang, matcha yang terlihat hijau gelap memiliki rasa lebih pekat.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com