Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Aroma Medan, Gerai Dessert Serba Durian di PIK Jakarta

Kompas.com - 03/12/2022, 11:29 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Durian merupakan salah satu buah lokal yang cukup banyak diolah menjadi beragam makanan, salah satunya makanan penutup.

Bagi pecinta durian, daya tarik durian tidak hanya dilihat dari segi rasa dan aroma, tetapi juga dari tekstur lembut daging durian saat disantap.

Ada banyak usaha makanan yang menawarkan menu makanan bertema durian, salah satunya ada di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Namanya Aroma Medan.

Baca juga:

Medan, salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan hasil buah durian yang harum, manis, dan lembut.

Melihat kuantitas dan kualitas buah durian asli Medan yang cukup menjanjikan, kemudian mendorong pemilik usaha Aroma Medan Agustina untuk mulai memasarkan produk berbahan durian asli Medan di Jakarta.

"Produk pertama yang dijual itu pancake, mulainya sudah dari 2009. Mungkin pada saat itu memang lagi booming pancake durian di Medan," kata Chief Executive Officer (CEO) Aroma Medan Yudho Anggoro di Studio Foodplace pada Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Bolehkah Makan Manggis Setelah Makan Durian?

Yudho mengatakan bahwa pemilihan durian sebagai bahan utama, karena durian dinilai sebagai salah satu buah yang disukai hampir semua kalangan.

"Delapan puluh persen orang Indonesia itu suka durian, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan ini ramah untuk orang tua karena tidak perlu susah menggigitnya," kata Yudho.

Beberapa produk makanan berbahan durian yang ditawarkan di Aroma Medan seperti pancake durian, choux durian, milkshake durian, es krim durian, dan pannacota durian.

"Semuanya homemade, siklus produksinya jalan setiap hari dan kita tidak menjual kembali produk sisa untuk esok hari," kata Merry.

Baca juga: 5 Tempat Makan Durian di Medan, Tidak Hanya Ucok Durian

Proses produksi olahan serba durian

Choux durian, matcha, cokelat, dan vanila dari Aroma Medan. Foodplace/ Miftahul Rizky Choux durian, matcha, cokelat, dan vanila dari Aroma Medan.

Guna menjaga rasa dan kualitas produk yang dipasarkan, durian yang digunakan di Aroma Medan langsung didatangkan dari kebun durian yang ada di Medan.

"Kita punya kebun sendiri di Medan. Di sana sudah ada ahli untuk memilah kualitas durian terbaik yang akan digunakan di Aroma Medan," kata Yudho.

Manager Cafe Aroma Medan Merry Cendekia menambahkan durian yang diolah di Aroma Medan adalah daging durian yang masih segar, tidak ada penambahan bahan pengawet, pemanis, dan pewarna makanan.

Meskipun sebelumnya sudah diseleksi oleh petani di kebun, durian tidak langsung diolah. Durian dipilih kembali dengan cara dibuka dan dicicipi satu persatu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com