Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Art Cafe Bumbu Bali, Tempat PM Kanada dan PM Inggris Ngobrol Saat KTT G20

Kompas.com - 17/11/2022, 12:33 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Art Cafe Bumbu Bali menjadi lokasi makan malam Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Sebelum PM Kanada dan Inggris makan malam bersama, sudah ada PM Jepang yang datang terlebih dahulu. Jadi totalnya ada tiga orang PM yang berkunjung malam itu," kata pemilik Art Cafe Bumbu Bali Fabian Putu Von Holzen saat dihubungi oleh Kompas.com pada Kamis (17/11/2022).

Mereka makan malam bersama di Art Cafe Bumbu Bali pada Senin (14/11/2022) pukul 20.30 WITA sampai pukul 21.30 WITA, tepatnya di lantai satu.

Fabian mengatakan PM Jepang Fumio Kishida datang untuk makan malam di lantai dua Art Cafe Bumbu Bali pada pukul 19.30 WITA dan meninggalkan lokasi pukul 20.45 WITA.

Menurut pengamatan Fabian di lokasi, saat PM Jepang turun dari lantai dua menuju lantai satu, ketiga PM tersebut bertemu, berbincang sebentar sembari tersenyum, saling berjabatan tangan, lalu PM Jepang meninggalkan lokasi terlebih dahulu.

Baca juga:

Potret Perdana Menteri Kanada, Jepang, dan Inggris saat bertemu di Art Cafe Bumbu Bali.Dok. Fabian Putu Von Holzen Potret Perdana Menteri Kanada, Jepang, dan Inggris saat bertemu di Art Cafe Bumbu Bali.

Fabian menuturkan menu makanan dan minuman yang dipesan oleh PM Inggris dan Kanada di antaranya yakni Sate Ayam, Sate Udang, Ayam Samba Matah, Sayur Lawar, dan Sayur Urap.

Sementara, pilihan minuman PM Kanada memesan Bir Bintang dan PM Inggris memesan Mango Spritz.

"PM Jepang itu datangnya sendiri, makanan yang dipesan itu Rijsttafel dan minumnya Bir Bintang," katanya. 

Fabian mengatakan, kedatangan tiga PM ke Art Cafe Bumbu Bali sebelumnya sudah diberitahu oleh pihak kedutaan besar Inggris dan Jepang.

Baca juga:

"Sekitar dua minggu yang lalu saya diberitahu oleh kedutaan Inggris dan Jepang kalau akan ada tamu VIP, cuma saya tidak tau siapa dan kapan mereka datang," kata Fabian.

Kabar kedatangan tiga PM tersebut baru ia dapatkan satu hari sebelum kunjungan yakni pada Minggu (13/11/2022).

Usai kunjungan makan malam ketiga PM tersebut, Fabian mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno juga berkunjung ke Art Cafe Bumbu Bali pada Rabu (16/11/2022).

Ia mengatakan Sandiaga berkunjung ke Art Cafe Bumbu Bali dalam rangka mengucapkan rasa terima kasih karena sudah menjamu ketiga PM dengan baik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com