Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Bakso Telur agar Tidak Pecah dan Hasilnya Kenyal

Kompas.com - 25/08/2022, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak sekali kreasi bakso yang bisa kamu bikin di rumah. Salah satunya, kreasi bakso telur

Adonan bakso yang bisa kamu buat dengan menggunakan telur puyuh atau ayam. Ada pun jenis telur yang akan kamu gunakan, ikuti tips membuat bakso telur agar hasilnya tidak pecah atau ambyar saat dimasak hingga disajikan. 

Dilansir dari buku "Another Cooking With Love- Secret Recipes By Icha Irawan" (2022) oleh Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ikuti beberapa cara membuat bakso isi telur. 

Baca juga: Cara Membuat Bakso Ayam Pakai Blender, Bisa Direbus atau Dipanggang

1. Hindari merebus telur terlalu lama

Cara membuat bakso telur yang pertama adalah hindari merebus telur terlalu lama. Hal ini perlu dilakukan agar kuning telur masih berwarna bagus dan tidak pucat. 

2. Pastikan telur kering

Pada saat akan mengolahnya menjadi isian bakso, pastikan telur yang akan digunakan sudah dikupas dan dalam keadaan kering. 

Tekstur telur yang kering juga bisa membuat adonan bakso melekat sempurna dan tidak lepas saat direbus. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Bakso Daging Sapi Mengembang dan Kenyal

Ilustrasi bakso sapi blender yang praktis dengan kuah bakso sedap bumbu sederhana.DOK.SHUTTERSTOCK/Aris Setya Ilustrasi bakso sapi blender yang praktis dengan kuah bakso sedap bumbu sederhana.

3. Jangan simpan di freezer 

Berbeda dengan adonan bakso lainnya, bakso telur sebaiknya tidak disimpan dalam freezer. Penyimpanan bakso di suhu rendah hanya akan membuat telur mudah rusak. 

4. Tambahkan es batu pada adonan es batu 

Dilansir dari buku "RUPA-RUPA BAKSO DAN PELENGKAPNYA" karya Redaksi Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada cara membuat adonan bakso agar hasilnya kenyal.

Caranya adalah dengan menambahkan es batu pada bahan membuat adonanya. Es batu bisa membuat otot-otot daging berkontraksi sehingga teksturnya bisa lebih padat tetapi kenyal.

Kamu bisa menggunakan es batu dalam bentuk serut atau air es. Tambahkan es batu ke dalam adonan dengan takaran sesuai resep.

Baca juga: Resep Bakso Bakar untuk Camilan atau Makan Siang

 

Buku "Another Cooking With Love- Secret Recipes By Icha Irawan" (2022) oleh Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com 

Buku "RUPA-RUPA BAKSO DAN PELENGKAPNYA" karya Redaksi Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com