Kompas.com - 02/08/2021, 17:09 WIB
ilustrasi umbi porang. SHUTTERSTOCK/airdoneilustrasi umbi porang.

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melalui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta porang madiun tidak lagi diekspor dalam bentuk umbi ke luar negeri.

Mengutip berita Kompas.com yang tayang pada Sabtu (31/7/2021), pemerintah ingin porang diekspor dalam bentuk olahan, seperti beras shirataki.

Menurut Syahrul, porang merupakan komoditas pertanian unggulan ekspor selain beras yang dapat mendatangkan devisa besar bagi negara jika sudah diolah sebelum diekspor.

Memiliki potensi ekspor yang begitu besar, apa sebenarnya porang ini?

Baca juga:

Kegiatan panen perdana tanaman porang yang dilakukan petani Cianjur, Jawa Barat. Petani mengaku untung besar karena nilai jualnya yang tinggi di pasaran saat ini.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kegiatan panen perdana tanaman porang yang dilakukan petani Cianjur, Jawa Barat. Petani mengaku untung besar karena nilai jualnya yang tinggi di pasaran saat ini.

Porang bisa gantikan beras

Mengutip buku "Porang dan Pemanfaatannya" (2013) oleh Moh. Syaifudin terbitan Parist Kudus, porang merupakan jenis umbi-umbian yang termasuk sumber karbohidrat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Indonesia, porang memiliki beberapa nama daerah. Orang Sunda mengenal porang dengan acung atau acuan oray, sementara di Nganjuk, Jawa Timur, porang dikenal dengan nama kajrong.

Meski disebut sebagai komoditas pertanian unggulan, porang merupakan sumber karbohidrat yang tidak begitu terkenal dibandingkan beberapa sumber karbohidrat lainnya, seperti beras, kentang, dan jagung.

Namun, porang memiliki sejumlah manfaat yang dapat digunakan, terutama dalam industri makanan dan kesehatan.

ilustrasi mi shiratakiSHUTTERSTOCK/Ingrid Balabanova ilustrasi mi shirataki

Porang bisa diolah menjadi beragam makanan khas Jepang, seperti mi shirataki, beras shirataki, dan jeli konnyaku.

Baca juga:

Sementara itu, di Amerika Serikat, porang dimanfaatkan sebagai makanan diet karena rendah kalori serta memiliki kemampuan untuk membersihkan saluran pencernaan tanpa bersifat laksatif.

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat makanan, porang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat tablet obat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.