Kompas.com - 31/07/2021, 10:06 WIB
Ilustrasi donat paha ayam dengan topping meses cokelat. SHUTTERSTOCK/ RANDY IMANUELIlustrasi donat paha ayam dengan topping meses cokelat.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Anak 90-an barangkali familier dengan donat paha ayam. Donat jadul ini berbentuk oval menyerupai potongan paha ayam yang ditusuk dengan tusuk sate. 

Umumnya, donat paha ayam diberi topping meses cokelat ataupun warna-warni.

Baca juga: Resep Donat Kampung Anti Gagal, Donat Tanpa Kentang

 

Kreasi donat jadul ini dapat kamu buat untuk camilan anak di akhir pekan. Cara membuatnya cukup simpel dan praktis. Bahkan, bisa tanpa mixer

Yuk, coba resep donat paha ayam dalam buku "Masakan SBS ala Dapur Ane: 100 Resep Kue kering, kue tradisional, cake, jajanan, roti, puding & minuman" karya Nova Perdana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berapa Kali Adonan Donat Harus Diistirahatkan agar Mengembang Sempurna?

Resep donat paha ayam 

Bahan 

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram gula halus 
  • 1 sdm susu putih bubuk 
  • 6 gram ragi instan 
  • 1 butir telur 
  • 90 ml air es 
  • 25 gram margarin 
  • Sejumput garam halus 
  • 10 buah tusuk sate 
  • Whipping cream instan untuk topping (bisa diganti mantega)
  • Meses cokelat secukupnya untuk topping

Cara terbaik menguleni adonan adalah dengan tangan telanjangUnsplash/Nadya Spetnitskay Cara terbaik menguleni adonan adalah dengan tangan telanjang

Cara membuat donat paha ayam 

1. Campur tepung, gula, susu, ragi, telur, dan air. Uleni hingga setengah kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni kembali hingga kalis elastis. 

2. Bulatkan adonan, letakkan di wadah lalu tutup menggunakan kain kering. Diamkan sekitar satu jam hingga adonan mengembang. Kempiskan adonan, bagi sama rata sebanyak 10 buah.

Baca juga: Bolehkah Adonan Donat Disimpan Semalaman?

3. Ambil satu adonan, bentuk memajang. Tusuk salah satu ujungnya menggunakan tusuk sate. Rekatkan bagian bawah adonan yang ditusuk dengan cara dipelintir. 

Hal ini dilakukan agar donat tidak lepas saat digoreng. Lakukan sampai adonan habis lalu diamkan kembali selama 30 menit. 

4. Panaskan minyak. Goreng donat di minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, dan biarkan hingga dingin. 

5. Oles seluruh permukaan donat dengan cream lalu beri meses di atasnya. Sajikan. 

Baca juga: Resep Donat Sate, Bentuk Imut Cocok untuk Ide Jualan 

Buku "Masakan SBS ala Dapur Ane: 100 Resep Kue kering, kue tradisional, cake, jajanan, roti, puding & minuman" karya Nova Perdana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.