Kompas.com - 12/03/2021, 17:09 WIB
Ilustrasi kue lampu-lampu. Dok. Tribun Manado/ FinnekeIlustrasi kue lampu-lampu.

KOMPAS.com - Kue lampu-lampu merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara, yang  berbahan dasar tepung beras dan santan.

Adonan kue ditaruh pada mangkuk yang terbuat dari takir daun pisang dan kemudian di kukus. Bahan lain yang dibutuhkan ada daun pandan, daun suji dan gula merah.

Baca juga: Resep Bumbu Rica-rica Ayam Sederhana Khas Manado

Resep ini ada dalam buku “Food and Taste 100 Jajanan Pasar Favorit” (2013) By Tim Dian Rakyat penerbit Dian Rakyat. Berikut resep kue takir kukus dengan daun pisang:

Resep kue lampu-lampu

Bahan:

  • 100 gram tepung beras
  • 300 ml santan kental
  • 500 ml santan cair
  • 4 lembar daun pandan
  • 10 buah daun suji
  • 200 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 260 gran gula merah, iris halus
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
  • 5 mata nangka, buang biji, potong dadu kecil Beberapa buah loyang bulat kecil dari aluminium foil sekali pakai

Cara membuat kue lampu-lampu:

1. Cuci bersih daun suji dan daun pandan, tumbuk hingga halus dan keluar airnya. Tuang 50 ml air sambil diaduk. Saring dan sisihkan.

2. Didihkan sisa air dalam panci saus, tambahkan irisan gula merah, masak hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring hingga bersih, sisihkan.

Baca juga: Resep Cendol Dawet Tepung Beras, Tanpa Kapur Sirih

3. Ambil panci ukuran sedang, tuang santan kental dan larutan tepung maizena. Aduk rata. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan mengental sambil diaduk. Angkat dan sisihkan.

4. Masukkan tepung beras ke dalam panci saus, tuangkan santan encer, aduk hingga rata hingga tepung larut. Tambahkan air suji pandan dan garam, aduk rata.

5.Panaskan dengan api kecil hingga mendidih dan kental. Angkat. Tuang dua sampai tiga sendok makan adonan tepung ke dalam cetakan alumunium foil atau takir daun pisang  sekitar dua pertiga tingginya.

Baca juga: Resep Nagasari Tepung Beras, Kue Basah buat Camilan Sore

6. Tuang dua sendok teh kinca (air gula merah) dan satu sendok teh santan kental. Taburi dengan irisan nangka. Lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis.

7. Taruh cetakan dalam dandang yang sudah dipanaskan lalu kukus selama 20-25 menit hingga matang dan padat.

Keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Kemudian simpan lampu-lampu dalam lemari pendingin hingga saat penyajian.

Baca juga: Resep Sumping Waluh Gula Merah, Nagasari Labu Kuning Khas Bali

Buku “Food and Taste 100 Jajanan Pasar Favorit” (2013) By Tim Dian Rakyat penerbit Dian Rakyat bisa kamu beli di toko buku online Gramedia.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X