Kompas.com - 12/03/2021, 16:08 WIB


KOMPAS.com - Sajian berbahan dasar tepung beras banyak ditemukan di Indonesia. Salah satunya adalah apam banjar. Apam banjar biasanya dilengkapi dengan saus kinca.

Baca juga: Resep Kue Lapis Pepe Panggang Jadul, Pakai Putih Telur

Bahan utama untuk membuat sajian ini adalah tepung beras, gula merah, air kelapa, telur dan ragi instan. Sajian ini cocok sebagai camilan untuk keluarga di sore hari.

Resep ini ada dalam buku “Food and Taste 100 Jajanan Pasar Favorit” (2013) By Tim Dian Rakyat penerbit Dian Rakyat. Berikut resep apam banjar lengkap dengan saus kinca:

Resep apam banjar

Bahan :

  • 300 gram tepung beras
  • 100 gram gula merah, iris halus
  • 300 ml air kelapa
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdm ragi instan

Saus kinca:

  • 200 ml santan dari setengah butir kelapa tua
  • 75 gram gula merah, iris halus
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat apam banjar:

1. Campurkan tepung beras dengan irisan gula merah, tuangi air kelapa sambil diaduk hingga adonan tercampur rata dan gula larut.

Masukkan telur dan ragi instan, aduk kembali hingga semua bahan larut dan rata. Diamkan adonan selama satu jam.

Baca juga: Resep Kue Lapis Tepung Beras, Rasa Cokelat Ubi Ungu

2.  Panaskan wajan khusus serabi, jika tak ada bisa pakai teflon. Tuang satu sendok sayur adonan.

Tutup wajannya dan biarkan hingga matang dan permukaannya berlubang-lubang, angkat. Lakukan proses ini hingg adonan habis. Sajikan segera dengan saus kinca.

3. Bikin saus kinca, masukkan santan ke dalam panci saus, tambahkan irisan gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam.

Baca juga: Resep Kue Mangkok Tepung Beras Lembut, Cuma Butuh 4 Langkah Masak

 

Panaskan dengan api kecil sambil diaduk hingga gula larut dan mendidih. Angkat. Biarkan agak dingin lalu tuang di atas serabi. Sajikan segera

Buku “Food and Taste 100 Jajanan Pasar Favorit” (2013) By Tim Dian Rakyat penerbit Dian Rakyat bisa kamu beli di toko buku online Gramedia.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.