Kompas.com - 24/02/2021, 11:08 WIB
Ilustrasi pohon bidara, semua bagiannya berkhasiat untuk kesehatan. SHUTTERSTOCK/EDDIE CHEEVERIlustrasi pohon bidara, semua bagiannya berkhasiat untuk kesehatan.

KOMPAS.com - Bidara atau biasa disebut Chinese apple, Indian plum, atau jujube adalah tanaman herbal dengan beragam khasiat kesehatan.

Hampir semua bagian bidara termasuk daunnya dapat dijadikan sebagai obat. Meredakan demam dan alergi adalah dua di antara banyaknya khasiat daun bidara.

Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB Prof. Dr. Irmanida Batubara menjelaskan lebih lanjut mengenai tanaman bidara kepada Kompas.com, Minggu (20/2/2021).

Baca juga: Apa Itu Daun Bidara? Tanaman Herbal Berkhasiat Bisa buat Masakan

1. Bidara tanaman asli Asia

Bidara adalah tanaman asli Asia. Asal bidara dari China tepatnya Provinsi Yunnan. Kemudian, juga dari Afganistan, Malaysia, dan Queensland, Australia.

Tanaman bidara pun dapat ditemukan di Indonesia. Namun, sebutan bidara di tiap daerah berbeda-beda.

Widara atau dara di Jawa misalnya. Kemudian, bukol di Madura. Sementara itu, orang Bali menyebut bidara sebagai bekul.

Lain lagi di NTT, orang menyebutnya sawu, rote, kom, dan kon. Rangga adalah sebutan bidara di Makassar dan Bima.

2. Bentuk daun bidara seperti daun jeruk nipis

Kalau dilihat sekilas, pohon bidara ini mirip dengan jeruk nipis. Termasuk bentuk daun bidara yang menyirip dengan tulang daun. Namun, ukurannya lebih kecil daripada daun jeruk nipis.

Sementara, buah bidara juga berbentuk bulat warna hijau tua, serupa jeruk nipis. Namun, bidara dan jeruk nipis adalah dua tanaman yang berbeda.

Ilustrasi daun bidara yang banyak khasiat kesehatan. SHUTTERSTOCK/FAWWAZ MEDIA Ilustrasi daun bidara yang banyak khasiat kesehatan.

3. Semua bagian bidara bisa jadi obat

Tidak salah apabila bidara disebut sebagai tanaman herbal. Pasalnya, hampir semua bagian bidara dapat diolah menjadi obat. Masing-masing mempunyai khasiat kesehatan tersendiri.

Akar daun bidara misalnya, dapat menyembuhkan batuk, sakit empedu, dan sakit kepala. Selain itu, bisa mengobati disentri dan radang usus.

Cara mengolah akar daun bidara adalah mencampurnya dengan susu. Barulah diberikan kepada pasien.

Bagian bidara yang juga bisa mengobati disentri dan diare adalah akar kulitnya. Sementara, daun bidara bersifat sebagai obat penurun demam atau antipiretik.

Buah bidara yang bersifat mendinginkan, bisa jadi obat kulit yang terbakar. Biji buah ini pun berkhasiat kesehatan, salah satunya mengurangi keputihan.

Ilustrasi daun bidara yang mirip jeruk nipis. DOK. TRIBUNNEWS via SAJIAN SEDAP Ilustrasi daun bidara yang mirip jeruk nipis.

4. Bidara jadi obat tradisional di India

Tabib di Distrik Bastar, Chhattisgarh, India menggunakan bidara sebagai bagian dari pengobatan tradisional.

Buah bidara menjadi obat untuk penurun demam. Sementara, biji bidara dicampur banyan dan gula untuk obat muntah.

Campuran daun bidara kering, daun bidara segar, dan bubuk kulit kayunya menjadi olesan untuk kulit yang terbakar.

Jus daun bidara segar ditambah susu kerbau pun dikonsumsi lansia yang mengalami cacar.

Ilustrasi oseng daun yang berkhasiat (daun bidara). SHUTTERSTOCK/LIENDA YUNITA APPONNO Ilustrasi oseng daun yang berkhasiat (daun bidara).

5. Daun bidara dapat dimasak

Menurut Chef Gatot kepada Kompas.com, Selasa (23/2/2021), daun bidara mempunyai rasa sepat seperti daun melinjo. Jadi, perhatikan cara mengolah daun bidara dengan tepat.

 

Daun bidara dapat diolah menjadi masakan lezat seperti oseng, campur ikan biar rasanya makin lezat dan tidak sepat.

Baca juga: Cara Olah Daun Bidara agar Tidak Sepat, Beserta Tips Pilih Daun Bidara

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X