Kompas.com - 24/02/2021, 08:06 WIB
Ayam betutu dari Pawon Serai. Kompas.com/Roderick Adrian MozesAyam betutu dari Pawon Serai.

KOMPAS.com - Pandemi membuat liburan jadi tertunda, alhasil banyak yang menebus pengalaman liburan dengan bersantap kuliner daerah.

Salah satu kuliner daerah yang terkenal adalah Bali. Pulau Dewata terkenal akan makanan ayam betutu, nasi campur ayam, dan nasi jinggo.

Ketiga makanan ini terkenal di kalangan wisatawan, lantaran tidak mengandung babi jadi aman dikonsumsi semua orang. Makanan ini pula yang dapat dipesan di Pawon Serai.

Baca juga: 6 Makanan Khas Bali saat Hujan, Ada Masakan Berkuah dan Kue Tradisional

Usaha makanan rumahan yang dirintis oleh Ni Ketut Muriani, yang memiliki latar belakang kuliner di perhotelan.

"Makanan yang sisajikan adalah authentic home made food (makanan rumahan otentik) yang memang dibuat oleh orang Bali asli," kata Ni Ketut Muriani dihubungi Kompas.com, Jumat (19/2/2020).

Kompas.com berkesempatan mencicipi tiga makanan andalan dari Pawon Serai. Pertama ada ayam betutu, ayam yang diolah adalah ayam kampung.

Ayam kampung berperan penting membuat sajian ayam betutu jadi nikmat, sebab bumbu dan kuah ayam betutu yang harum didapat dari campuran sari daging ayam kampung.

Pawon Serai memasak daging ayam kampung utuh hingga sangat empuk, tetapi hebatnya masih berjus.

Baca juga: Apa Itu Timbungan? Teknik Masak Khas Bali Saat Galungan

Bagian dada yang paling riskan jadi kering, dengan mudah disuwir dengan garpu.

Selain itu bumbu khas Bali, base genep yang dirajang kasar mengingatkan Kompas.com akan sajian ayam betutu di Bali. Jika bumbu terlalu halus, dapat membuat makanan ini kurang terasa teksturnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.